Pesantren Manbail Futuh Tuban

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Manbail Futuh Tuban
Profil
Sampai saat ini tidak ada seorangpun yang tahu pasti kapan didirikannya pondok pesantren Manbail Futuh. Namun ada satu tulisan yang dapat dijadikan dasar kapan berdirinya yaitu tulisan 1925 H timbul yang tertulis di bancik pondok bagian bawah. Pondok pesantren ini dibangun dan diarsiteki sendiri oleh KH. Fathurrahman. Tata bangunannya disamakan dengan pondok pesantren Jamsaren Solo dimana beliau menimba ilmu. Pondok pesantren ini dibangun di atas tanah milik beliau yang dinding dan lantainya terdiri dari kayu jati dan dilengkapi dengan musholla, sumur, kamar mandi, dan tempat wudlu berukuran 2 x 4M.

Kondisi tersebut adalah cikal bakal pondok pesantren Manbail Futuh. KH. Fathurrahman beristrikan seorang putri bernama Siti Masyitoh putri dari KH. Sholeh Muhtar ( Bapak Alm, KH. Busyrol Hafi PP.Muhtariyah ) pada tahun 1920. Dari hasil pernikahan ini beliau dikaruniai beberapa putra dan putri, yaitu Malyunah, Idris Azam, Chamnah, Cholisoh, Jalaluddin Suyuthi, Zaidah, Siti Fatimah, Chawaruzmi, Dlofir, Ahmad Aziz, dan Shofiyatun. KH. Fatchur Rohman memiliki beberapa santri, dari beberapa santri inilah terdapat empat santri yang beruntung karena keempat santri ini di jadikan menantu oleh beliau.

Beliau beranggapan keempat santri ini memiliki jiwa pemimpin yang akan mampu mengganti dan meneruskan perjuangan beliau. Empat santri tersebut adalah K. Suhaib Pangklangan Merakurak yang dijodohkan dengan Nyai Malyunah putri pertama beliau, KH. Hisyam Ismail dengan Nyai Chamnah putri ketiga, K. Mizan Abdulloh dengan Nyai Siti Zaidah putri ke enam, dan KH. Ali Mahrus Imron Jenggolo dengan Nyai Siti Fatimah putri ke tujuh. Pondok pesantren ini belum diberi nama sejak berdiri hingga tahun1964, (pada zaman dulu nama desa lebih dikenal sebagai nama pondok, seperti pondok langitan, pondok sarang, dsb) karena seringnya diminta laporan data dari DEPAG kab. Tuban, pada tanggal 27 Maret 1964 pengurus pondok ( H.M. Hafash Hisyam dan KH. Masram Sofwan ) memberi nama Roudlotul Murtasyidin.

Setelah beberapa tahun menggunakan nama Roudlotul Murtasyidin kurang lebih tahun 1981, KH. Busyrol Hafi Sholeh meminta agar nama pondoknya ditambahi dengan Assaidiyah dengan tujuan untuk mengabadikan nama waqifnya yaitu H. Abu Said ayahanda KH. Fatchur Rohman. Pada waktu memberi nama Roudlotul Murtasyidin H.M. Hafash Hisyam dan KH. Moh. Masram Sofwan belum mengetahui kalau nama Manbail Futuh tersebut adalah pemberian Hadrotus Syaikh KH. Hasyim Asyari Tebu Ireng Jombang, sehingga setelah mengetahuinya tahun 1982 nama pondok pesantrennya diubah menjadi Manbail Futuh sebagaimana madrasahnya.  

Pengasuh : KH. Muslich Abdurrohim
Pendiri : KH. Fatchur Rohman

Pendidikan
Di lingkungan Pondok Pesantren Manbail Futuh Jenu terdapat beberapa lembaga pendidikan
Pendidikan Formal :
1. TK Manbail Futuh, 
2. MI Manbail Futuh, 
3. MTs Manbail Futuh, 
4. MA Manbail Futuh, 

Pendidikan Informal :
1. Madrasah Diniyah 
2. TPQ Manbail Futuh

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Beji, Jenu, Perbon, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62319
Telepon: (0356) 711812

      

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 
 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.