Marhaban Ya Ramadhan

 
Marhaban Ya Ramadhan

LADUNI.ID - Rasulullah SAW dalam menyambut bulan suci Ramadhan biasa mengucapkan tahni'ah Ucapan Selamat kepada para sahabat,
أتاكم رمضان سيد الشهور فمرحبا به وأهلا جاء شهر الصيام بالبركات فاكرم به من زائر هو آت 
"Bulan Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan pelopor segala bulan, Marhaban bihi wa Ahlan. Bulan puasa telah datang dengan penuh berkah, maka muliakanlah bulan Ramadhan. (HR. Thabrani).

Ucapan Marhaban ya Ramadhan Selamat Datang Bulan Ramadhan bisa disampaikan secara langsung atau pun via HP, WA, Twitter, SMS, telepon, surat, dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari biasa menyambut tamu dengan ucapan Ahlan wa Sahlan. Ahlan artinya keluarga. Sahlan artinya mudah dan memudahkan. Maksudnya dengan ucapan Ahlan wa Sahlan adalah saling mendoakan Semoga kedatangan Anda dalam keluarga yang mudah dan saling memudahkan, sehingga tamu yang datang dan tuan rumah yang didatangi semuanya berjalan mudah, aman, nyaman, dan damai.

Dalam konteks menyambut Ramadhan, kita mengucapkan Marhaban ya Ramadhan sebagai wujud penghormatan dan pemuliaan. Marhaban artinya Luas dan Lapang. Maksudnya dengan kedatangan bulan Ramadhan kita menyambutnya dengan jiwa lapang dan luas senang dan gembira. Kelapangan dan kebesaran hati, serta kegembiraan ini dibuktikan dengan melaksanakan ibadah puasa dan serangkaian ibadah lainnya.

Di antara kebiasaan Rasulullah SAW. menyambut Ramadhan adalah selalu bersemangat dan penuh optimis, merasa selalu senang dan bahagia. Memperlihatkan wajah rasa senang dan kebahagiaan kepada keluarga, tetangga, kerabat, dan masyarakat lainnya. Tidak memperlihatkan wajah-wajah sedih, wajah susah, seperti orang frustrasi, orang putus asa, apalagi memperlihatkan wajah cemberut.

Rasulullah SAW. dan para sahabatnya selalu menampakkan wajah-wajah senang, yang cerah dan ceria kepada keluarga dan sesamanya. Rasulullah SAW. biasa memberi motivasi senang dan gembira dengan menyampaikan sabdanya:
قد جاءكم شهر رمضان شهر مبارك افترض الله عليكم صيامه يفتح فيه أبواب الجنة ويغلق فيه أبواب الجحيم وتغل فيه الشياطين فيه ليلة خير من ألف شهر من حرم خيرها فقد حرم 
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan bulan penuh berkah. Allah mewajibkan puasa di bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga terbuka, pintu-pintu neraka tertutup, dan setan pada terbelenggu. Pada bulan Ramadhan ada satu malam yang lebih mulia daripada 1000 bulan. (HR. Ahmad dari Abu Hurairah).

Semoga kita dapat memaksimalkan Momentum Bulan Ramadhan dengan ibadah dan meningkatkan perbaikan kualitas diri.

Marhaban Ya Ramadhan
Mohon maaf atas semua khilaf dan kesalahan tutur kata dan perilaku baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Oleh; Dr. Wajidi Sayadi, M.Ag

 

 

Tags