Kanada Bersumpah 'Maju Terus' Karena Ratifikasi Pakta Perdagangan Setelah AS Menaikkan Tarif Logam

 
Kanada Bersumpah 'Maju Terus' Karena Ratifikasi Pakta Perdagangan Setelah AS Menaikkan Tarif Logam

LADUNI.ID,  Presiden AS Donald Trump telah memberlakukan tarif global "Bagian 232" 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium pada Maret 2018 di Kanada dan Meksiko dengan alasan keamanan nasional, menerapkan undang-undang perdagangan era Perang Dingin 1962.

Kanada akan bergerak cepat untuk meratifikasi pakta perdagangan Amerika Utara yang baru, Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan pada hari Sabtu, sehari setelah Amerika Serikat setuju untuk menaikkan tarif baja dan aluminium Kanada.

Tarif logam merupakan gangguan besar bagi Kanada dan Meksiko yang telah menyebabkan mereka menghentikan kemajuan menuju ratifikasi Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (USMCA), kesepakatan perdagangan trilateral yang ditandatangani tahun lalu akan menggantikan Korea Utara yang berusia 25 tahun. Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika (NAFTA).

"Kami sangat jelas bahwa selama tarif global bagian 232 ada di sana, akan sangat sulit bagi kami untuk meratifikasi NAFTA baru, dan itulah sebabnya kami tidak membahas undang-undang tersebut," kata Freeland dalam wawancara yang disiarkan oleh radio CBC. .

"Sekarang hambatan besar itu terangkat penuh," katanya, tanpa mengatakan kapan perjanjian itu akan disampaikan kepada parlemen yang ditutup pada Juni menjelang pemilihan nasional Oktober.

"Saya berharap semua anggota akan mendukung perjanjian ini," tambahnya.

Wakil Presiden A.S. Mike Pence mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Ottawa pada 30 Mei untuk membahas ratifikasi “memajukan”.

Sementara beberapa Demokrat AS memuji penghapusan tarif, beberapa pada hari Jumat mengatakan USMCA belum siap untuk dukungan mereka.

“Ketika sampai pada kesepakatan baru, Demokrat terus memiliki sejumlah kekhawatiran substansial terkait dengan tenaga kerja lingkungan, penegakan dan akses ke penyediaan obat-obatan yang terjangkau. Masalah-masalah itu masih perlu diatasi, ”kata Ketua Komite Jalan dan Sarana AS Richard Neal, Jumat.

Freeland mengatakan Kanada sedang dalam proses menjangkau Demokrat Amerika untuk menghilangkan kekhawatiran mereka.

"Kami telah bertemu dengan banyak Petinggi Demokrat untuk berbicara dengan mereka tentang NAFTA baru," kata Freeland. "Kami memiliki kedekatan yang kuat."

Meskipun terobosan pada tarif dan perjanjian USMCA tahun lalu, Freeland mengatakan Kanada masih khawatir tentang proteksionisme A.S.

“Saya masih khawatir tentang proteksionisme A.S. dan saya pikir akan naif bagi siapa pun untuk berpikir bahwa ada segala jenis keselamatan atau keamanan permanen. Kenyataannya adalah pemerintahan A.S. ini terbuka, eksplisit dan dengan bangga proteksionis, ”kata Freeland.

 

Indeks Harga Saham AS Naik 1 Persen di Tengah Perang Dagang dengan China