Konsultasi Psikologi: Siswa Malas Belajar

 
Konsultasi Psikologi: Siswa Malas Belajar

Bagaimana cara mengatasi siswa SMP yang malas belajar, selalu mengganggu teman sebangkunya dan sering tidur di kelas?

Jawaban: 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan Ibu/Bapak guru…Tentu akan sangat mengganggu ketika sedang mengajar ada siswa yang berperilaku tidak wajar seperti ananda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pertama, kenali penyebab siswa berperilaku tersebut. Apakah karena sering begadang, sehingga mengantuk di kelas? Apakah kurang perhatian dari keluarganya? Ataukah memang siswa memiliki karakter pengganggu? Ini penting untuk dilakukan agar tidak salah dalam memberikan tritmen.

Kedua, menyeleksi perilaku mana yang akan dirubah. Dari kasus ini, ada beberapa perilaku yang tampaknya muncul. Apakah perilaku malas belajarnya? Apakah perilaku mengganggu temannya? Atau perilaku suka tidur? Dalam satu program mesti dipilih satu perilaku yang akan dirubah.

Ketiga, pilihlah penguat yang tepat. Ketahui dulu hobi siswa tersebut. Penguat yang tepat adalah sesuatu yang paling disukai seseorang. Bisa berupa materi seperti makanan kecil, atau bisa juga berupa tambahan jam bermain. Tergantung dari apa yang disukainya.

Keempat, berikan penguat sesuai ukuran yang pas. Penguat yang berlebihan atau kurang, tidak akan efektif. Ketika diberikan secara berlebihan, penguat akan kehilangan daya untuk merubah perilaku. Demikian juga ketika ukurannya kurang, tidak akan memberi efek apapun.

Kelima, berikan penguat segera. Jika siswa menunjukkan perilaku sesuai target, berikan perilaku segera. Kalau ditunda-tunda maka si anak akan merasa tidak dihargai akibatnya perilakunya akan kembali seperti semula.

Keenam, menyalin siswa dari program dan menggantinya dengan penguat alamiah. Jika siswa sudah mulai terbiasa, program latihan ini harus dihentikan dan diganti dengan pemberian penguat alamiah seperti pujian,atau memberikan perhatian.

Lakukan hal ini kira-kira dalam waktu 3 bulan. Dan berlaku bagi setiap perilaku yang aja dirubah tadi. Mungkin ini yang bisa saya jelaskan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr.Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi