Sederet Manfaat Buah Labu Kuning bagi Kesehatan

 
Sederet Manfaat Buah Labu Kuning bagi Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, buah Labu kuning merupakan salah buah yang sangat mudah dijumpai dipasar buah dan sayuran. Berbagai makanan dapat di olah darinya, terlebih dibulan Ramadhan ini. Masyarakat kita menyajikannya sebagai kolak yang dicampur pisang dan kolang kaling serta nangka. Rasanya yang lezat serta teksturnya yang lembut mampu membuatnya menjadi menu takjil favorit. Bahkan ada sebagian masyarakat yang mengolahnya menjadi gulai labu kuning yang dimasak dengan santan. Namun, di balik itu semua, ternyata labu kuning juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
 
Berikut ini sederet manfaat kesehatan dari buah labu kuning tersebut.

1. Membantu memelihara sistem pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki buah labu kuning ternyata cukup tinggi, sehingga ia mampu menjaga kerja sistem pencernaan kita dan dapat mencegah sembelit. Selain itu, labu kuning juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam labu kuning dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah ini juga mengandung serat dan vitamin C sebagai suplai nutrisi pemelihara kesehatan jantung. Diketahui, serat dapat mencegah kolesterol jahat yang mungkin saja menumpuk akibat pola makan yang tidak sehat. Sementara vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel.

3. Membantu meningkatkan imunitas tubuh
Tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit jika imunitas (kekebalan tubuh) kita menurun. Salah satu solusinya adalah mengonsumsi labu kuning secara rutin. Hal ini bukan tanpa alasan, kandungan vitamin A dalam labu kuning ternyata mampu membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular yang datang akibat lemahnya imunitas. 

4. Mampu meningkatkan kualitas tidur

Kandungan asam amino dalam labu kuning dapat membantu produksi hormon serotonin yang berfungsi memberikan rasa tenang dan nyaman. Selain itu, serotonin ini juga dipercaya dapat mencegah depresi.  

5. Membantu menurunkan berat badan

Terakhir, bagi anda yang tetap ingin menjalani diet sehat, alangkah baiknya jika anada rutin mengkonsumsi buah labu kuning. Sebab labu kuning akan lama diserap oleh pencernaan sehingga dapat memberi efek kenyang yang lebih lama. Disamping itu, labu ini ternyata juga rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan menu diet sehat.

Semoga bermanfaat.