Trump Mengumumkan Kepergian Penasihat Ekonomi Gedung Putih, Hassett

 
Trump Mengumumkan Kepergian Penasihat Ekonomi Gedung Putih, Hassett

LADUNI.ID,  Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih Kevin Hassett akan "segera" meninggalkan jabatannya, tetapi tidak memberikan alasan untuk keberangkatan tingkat tinggi terbaru dari pemerintahan.

"Kevin Hassett, yang telah melakukan pekerjaan luar biasa untukku dan Administrasi, akan segera pergi. Penggantinya yang sangat berbakat akan dinamai segera setelah saya kembali ke A.S., ”kata Trump dalam sebuah posting Twitter pada Minggu malam ketika ia terbang ke Eropa untuk serangkaian kunjungan kenegaraan.

Kepergian Hassett yang akan datang terjadi pada saat drama antara Amerika Serikat dan beberapa mitra dagang utamanya. Perang dagang sedang terjadi antara Amerika Serikat dan Cina, sementara Trump telah bersumpah untuk memberlakukan tarif hukuman pada semua barang Meksiko dalam sengketa yang semakin intensif tentang migrasi.

Hassett sebelumnya menjabat sebagai sarjana kebijakan fiskal di lembaga think tank American Enterprise Institute yang konservatif sebelum Trump menominasikannya ke peran Gedung Putih pada tahun 2017. Dalam jabatan Gedung Putih, ia bekerja dengan penasihat senior Trump dan menantu Jared Kushner pada rencana imigrasi yang diajukan presiden Republik itu pada Mei dan telah mendukung langkah AS untuk mengakhiri keringanan sanksi bagi negara-negara yang membeli minyak Iran.

Trump berterima kasih kepada Hassett atas karyanya, dan memanggilnya "teman sejati" di pos Twitter pada hari Minggu. Dia tidak memberikan indikasi siapa pun yang akan dia beri nama untuk menggantikan Hassett.

Hassett siap untuk menjadi yang terbaru dalam barisan panjang pejabat senior Gedung Putih dan Sekretaris Kabinet untuk meninggalkan pemerintahan sejak Trump menjabat pada Januari 2017.

Orang lain yang telah mengundurkan diri atau digulingkan tahun ini saja termasuk Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen, direktur komunikasi Gedung Putih Bill Shine dan kepala Administrasi Bisnis Kecil Linda McMahon.

Trump berangkat pada hari Minggu malam untuk perjalanan yang membawanya ke Inggris, di mana ia dijadwalkan untuk bertemu dengan anggota keluarga kerajaan, sebelum pergi ke Irlandia dan kemudian Prancis untuk menghadiri upacara ulang tahun ke-75 dari Perang Dunia Kedua yang bersekutu D-Day.

Ketua Dewan Penasihat Ekonomi berfungsi sebagai penasihat ekonomi utama untuk administrasi secara keseluruhan. Pekerjaan dewan berfokus pada penelitian dan kurang peduli dengan mengoordinasikan kebijakan lintas lembaga daripada Dewan Ekonomi Nasional, badan penasihat terpisah yang saat ini dipimpin oleh Larry Kudlow.

Baca Juga

1. Trump Mengatakan Tarif di Meksiko Tidak Akan Menggagalkan Kesepakatan Perdagangan

2. Sanders Meminta Demokrat California untuk Bersatu Melawan Donald Trump

3. Balon 'Trump Baby' Terbang di London untuk Kunjungan Presiden A.S.