Apakah Darah, Harta atau Fantasi yang Menjadikan Hubungan UK dan USA Spesial?

 
Apakah Darah, Harta atau Fantasi yang Menjadikan Hubungan UK dan USA Spesial?

LADUNI.ID, Trump memulai kunjungan tiga hari ke Inggris pada hari Senin hampir setahun setelah ia menciptakan kontroversi selama perjalanan terakhirnya dengan memuji rival Perdana Menteri Theresa May dan mengkritik cara dia menangani negosiasi Brexit.

Apa yang disebut hubungan khusus Inggris dengan Amerika Serikat adalah salah satu aliansi yang paling bertahan lama di abad ke-20, meskipun Brexit dan presiden Donald Trump telah mengajukan pertanyaan tentang masa depannya.

Selama masa kepresidenan Trump, aliansi dengan Inggris yang terkenal dipupuk oleh Ronald Reagan dan Margaret Thatcher pada tahun 1980-an, semakin lama semakin berantakan.

Apa hubungan khusus dan bagaimana Amerika Serikat dan Inggris membandingkan langkah-langkah utama?

EKONOMI
Amerika Serikat adalah ekonomi terbesar di dunia, bernilai sekitar $ 21,3 triliun atau 24 persen dari PDB global, sementara Inggris adalah yang terbesar kelima, bernilai sekitar $ 2,8 triliun atau 3 persen dari PDB global.

Sementara Uni Eropa menyumbang sekitar setengah dari perdagangan eksternal Inggris, Amerika Serikat sejauh ini merupakan mitra dagang tunggal terbesar, diikuti oleh Jerman, Belanda, Prancis dan Cina.

Inggris, sebagai bagiannya, adalah mitra dagang ketujuh terbesar Amerika Serikat, setelah Cina, Kanada, Meksiko, Jepang, Jerman dan Korea Selatan. Amerika Serikat dan Inggris sama-sama melaporkan surplus dalam perdagangan barang dengan yang lain, menunjukkan mereka tidak membandingkan suka dengan duka.

Selama beberapa dekade, Washington dan London berbagi keinginan untuk membuka pasar dunia untuk perdagangan bebas.

MILITER
Amerika Serikat yang membelanjakan lebih banyak untuk militernya daripada gabungan tujuh negara dengan pengeluaran tertinggi berikutnya, mengusulkan untuk membelanjakan $ 686 miliar untuk pertahanan tahun ini. Ia memiliki jumlah senjata nuklir terbesar kedua setelah Rusia.

Angkatan Laut AS mengoperasikan armada 14 kapal selam nuklir kelas Ohio yang masing-masing dapat membawa 20 rudal Trident II D5 dengan beberapa hulu ledak yang ditargetkan secara independen.

Inggris, yang memiliki anggaran pertahanan terbesar di UE, menghabiskan sekitar 40 miliar pound per tahun. Prancis dan Rusia adalah satu-satunya kekuatan nuklir lainnya di Eropa.

Inggris memiliki armada empat kapal selam kelas Vanguard, yang masing-masing dapat membawa 16 rudal Trident II D5. Ini disewa dari kumpulan misil sehingga ia berbagi dengan Angkatan Laut AS.

Kedua militer telah berjuang berdampingan di Eropa, Korea, Kuwait, Irak, bekas Yugoslavia, Afghanistan, Libya dan Suriah. Inggris memandang aliansi NATO yang dipimpin AS sebagai fondasi pertahanannya.

Trump telah menuntut agar sekutu Barat membayar lebih ke NATO. Pasukan A.S. beroperasi dari beberapa pangkalan militer di Inggris termasuk pangkalan udara Lakenheath, Croughton dan Menwith Hill.

INTELIJEN
Kerja sama intelijen antara Amerika Serikat dan Inggris sangat dekat dan merupakan salah satu bidang utama di mana aliansi itu bekerja dalam praktik.

Selama Perang Dunia Kedua, kedua negara menjalin kesepakatan berbagi intelijen yang kemudian diperluas untuk mencakup Kanada, Australia, dan Selandia Baru dan dikenal sebagai "Lima Mata".

Ini membawa mata-mata modern Amerika Serikat, teknologi bertenaga komputer bersama dengan operasi intelijen manusia lebih tradisional Inggris, yang kuat di bekas Uni Soviet, Eropa dan Timur Tengah.

Kerja sama antara agen mata-mata domestik dan asing utama sudah dekat. Karena kekuatan geografisnya saling melengkapi, data yang dikumpulkan oleh agen penguping GCHQ Inggris adalah penggunaan khusus untuk Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Anggaran intelijen AS tidak termasuk intelijen militer adalah $ 60 miliar sedangkan anggaran intelijen Inggris adalah 2,3 miliar pound ($ 2,89 miliar).

KEUANGAN
London dan New York adalah dua pusat keuangan terbesar di dunia. Sementara London sejauh ini merupakan pusat perdagangan valuta asing dan pinjaman internasional terbesar, New York adalah raja bagi obligasi dan saham.

New York menyalip London sebagai pusat keuangan paling menarik di dunia tahun lalu, menurut indeks pusat keuangan global Z / Yen, yang memberi peringkat 100 pusat pada faktor-faktor seperti infrastruktur dan akses ke staf berkualitas.

London mendominasi pasar mata uang asing global $ 5,1 triliun per hari, Jauh lebih banyak mata uang dipertukarkan di London daripada Amerika Serikat dan sisa dari Uni Eropa disatukan.

Wall Street S&P 500, indeks yang mengelompokkan 500 saham perusahaan terbesar di AS, bernilai sekitar $ 25,7 triliun, menurut data Refinitiv.

Sebagai perbandingan, indeks semua saham FTSE, yang mengelompokkan lebih dari 600 saham yang diperdagangkan di London Stock Exchange, bernilai sekitar 2,5 triliun pound.

Pasar obligasi AS, termasuk utang pemerintah dan perusahaan, bernilai lebih dari $ 40,7 triliun, menurut Bank for International Settlements, sementara pasar obligasi Inggris bernilai $ 5,8 triliun.

Sumber: Dana Moneter Internasional, Departemen Pertahanan AS, Kementerian Pertahanan AS, Kantor Direktur Intelijen Nasional, Komite Intelijen dan Keamanan Parlemen Inggris, Bank of England, Refinitiv.

Baca Juga

1. Donald Trump Disambut di Istana Buckingham oleh Ratu Elizabeth

2. Melania Trump dan Philip May Akan Mengadakan Pesta Kebun di Downing Street

3. Toasting Trump, Ratu Elizabeth Menjabarkan Sambutan Perjamuan Negara

4. Donald Trump dalam Kata-katanya Sendiri tentang Brexit, Inggris dan Boris