Langkah Mengamankan Data Anda Saat Akan Menjual Smartphone

 
Langkah Mengamankan Data Anda Saat Akan Menjual Smartphone

LADUNI.ID, Bosan dengan Smartphone anda? Apakah Anda berencana untuk jual smartphone Android lama? Jika iya, jangan lupa untuk menghapus semua data di dalamnya. Caranya sangat mudah, tinggal atur ulang saja ke kondisi pabrik.

Pertama silakan membuka menu Setting. Kemudian, klik Select System, buka opsi Andvanced, lalu menuju Reset Options. Nah, disana Anda akan menemukan tiga pilihan tindakan.

Reset Wi-Fi, Mobile & Bluetooth kadang berguna jika Anda mengalami masalah dengan konektivitas. Lalu Reset App Preferences akan membantu Anda mengembalikan semua aplikasi dan notifikasi bawaan.

Tapi, dua pilihan tersebut tidak akan menghapus data di smartphone Anda. Jadi, pilihlah opsi ketiga, yakni Erase All Data (Factory Reset). Kalau sudah diklik, di layar smartphone Anda akan muncul notifikasi peringatan.

Notifikasi itu memperingatkan bahwa semua data bakal terhapus, termasuk nama pengguna dan kata sandi untuk akun media sosial, email, dll. Jika Anda tak masalah, langsung saja pilih opsi Reset Phone.

Kedua, Jika Anda punya PIN atau pengaturan keamanan lain, sebaiknya masukkan. Saat nanti muncul opsi Erase Everything, klik saja apabila Anda sudah yakin.

Proses tersebut biasanya hanya memakan waktu dua menit atau tiga menit. Smartphone Anda akan reboot dan mulai meminta untuk memilih bahasa, jaringan, dan sebagainya. Namun, hal itu belumlah cukup untuk menghapus data anda.

Kemungkinan masih ada beberapa data yang tercecer di smartphone meski telah disetel ulang. Untuk lebih berhati-hati, Anda dapat mengenkripsi smartphone sebelum mengatur ulang. Berikut ini caranya.

Buka Settings, lalu Security & Location, Advanced, Encryption & Credentials, lantas pilih Encrypt Phone. Jika sudah selesai, kembalilah ke menu Setting dan mulai proses reset. Nah jika sudah dilakukan prosedur diatas, tinggal langkah terakhir yaitu, menjual smartphone Anda.

Demikian semoga bermanfaat!