Biografi Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari

 
Biografi Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari
Sumber Gambar: Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari (foto istimewa)

Daftar Isi Biografi Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Perjalanan Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru

3.    Penerus Beliau
3.1  Murid-Murid

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
5.    Karya-Karya
6.    Referensi
7.    Chart Silsilah Sanad


1.   Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Syekh Muhammad Tahir bin Muhammad bin Jalaluddin Ahmad bin Abdullah Al-Minangkabawi Al-Azhari Tahir atau biasa dikenal sebagai Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari, lahir di Cangking, Minangkabau pada tanggal 4 Ramadan 1286 H atau 8 Desember 1869 M. Ayahnya meninggal dunia di Cangking, Minangkabau pada tanggal 27 Jamadil Awal 1288 H/1871 M. Sedangkan Ibundanya juga meninggal dunia di Cangking pada tahun 1295 H/1878 M.
 

1.2 Riwayat Keluarga

Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari menikah dengan Aisyah binti Syekh Muhammad bin Syekh Ismail Al-Khalidi di Makkah pada tanggal 26 Zulkaedah 1305 H/ 4 Agustus 1888 M. Diakadkan oleh Sayyid Bakri Syatha yang menerima wakil dari Syekh Ismail bin Syekh Muhammad di hadapan Sayyid Umar Syatha, Syekh Muhammad Nur bin Syekh Ismail, Syekh Muhammad Saleh Al-Kurdi, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi dan Syekh Ismail bin Syekh Muhammad, saudara Aisyah. Perkawinan yang pertama ini adalah dengan cucu Syekh Ismail Al-Khalidi Al-Minangkabawi, ulama besar yang terkenal dan penyebar Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah.

Kemudian Syekh Tahir Jalaluddin menikah lagi dengan Kaltsum binti Haji Ibrahim, pada tanggal 9 Rajab 1310 H/ 27 Januari 1893 M. Selanjutnya, tanggal 13 Ramadhan 1310 H/ 31 Maret 1893 M, menikah dengan Jamilah binti Haji Abdul Karim. Tanggal 20 Jamadil Awal 1317 H/ 23 September 1899 M menikah lagi dengan Aisyah binti Haji Mustafa bin Datuk Menteri Sati yang dihadiri oleh Syekh Muhammad Al-Khaiyath, Haji Hasyim Kelantan dan lain-lain.
 

1.3 Wafat

Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari wafat di Kuala Kangsar, Perak, sesudah shalat Subuh pada hari Jum’at, 22 Rabiulawal 1376 H/ 26 Oktober 1956 M.
 

2.   Sanad Ilmu Dan Pendidikan Beliau

2.1 Perjalanan Menuntut Ilmu

Pada tahun 1879 M, ketika beliau masih berusia 10 tahun, pergi ke Makkah bersama Syekh Ahmad Khatib bin Abdul Lathif. Sesampainya di Makkah, beliau diasuh oleh Syekh Muhammad Saleh Al-Kurdi. Beliau mengaji Al-Qur’an kepada Syekh Abdul Haq di Madrasah Asy-Syaikh Rahmatullah serta belajar kitab kepada Syekh Umar Syatha, Syekh Muhammad Al-Khaiyath, dan Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

Syekh Ahmad Al-Fathani juga termasuk salah seorang guru dari Syekh Tahir Jalaluddin. Setelah Syekh Ahmad Al-Fathani pulang dari Mesir dan ke Mekah pada akhir tahun 1881 M atau awal 1882 M, beliau mempengaruhi pemuda-pemuda Melayu dan murid-murid beliau di Makkah mengenai kelebihan pendidikan di Masjid Al-Azhar, Mesir. Maka pemuda Melayu peringkat pertama yang dikirim oleh Syekh Ahmad Al-Fathani belajar di Mesir ada beberapa orang, di antaranya Syekh Tahir Jalaluddin.

Sewaktu Syekh Tahir berada di Mesir, terdapat banyak surat timbal-balik antara kedua-duanya. Syekh Ahmad Al-Fathani memberikan kepercayaan kepadanya dalam kepengurusan putra-putra Raja Riau yang beliau kirim ke Mesir, termasuk juga anak Syekh Ahmad Al-Fathani yang bernama Haji Ismail, Muhammad Zain bin Ahmad Kelantan dan lain-lain. Dalam suratnya Syekh Ahmad Al-Fathani menyebut Syekh Tahir Jalaluddin dengan panggilan “waladuna”, yang artinya “anak kami” atau maksudnya “ananda”. Sebaliknya Syekh Tahir Jalaluddin menyebut Syekh Ahmad Al-Fathani dengan panggilan “waliduna'' artinya “ayah kami” atau maksudnya “ayahanda”.
 

2.2 Guru-guru

  1. Guru-guru Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari:
  2. Syekh Abdul Haq,
  3. Syekh Muhammad Saleh Al-Kurdi
  4. Syekh Umar Syatha,
  5. Syekh Muhammad Al-Khaiyath
  6. Syekh Ahmad Khatib Al-Minankabawi,
  7. Syekh Ahmad Al-Fathani,

 

3.   Penerus Beliau

3.1 Murid-Murid Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari:

  1. Haji Ismail,
  2. Muhammad Zain bin Ahmad Kelantan
     

4. Perjalanan Hidup Dan Dakwah

Syekh Tahir mencatat sisi pengembaraan dan pengalamannya di beberapa kerajaan Nusantara, beliau pertama kali menginjakkan kakinya di Singapura pada tanggal 9 Ramadan 1305 H/ 20 Mei 1888 M. Tanggal 15 Safar 1310 H/ 8 September 1892 M pergi ke Riau, Pulau Penyengat. Di sana beliau berjumpa dengan Syekh Muhammad Nur bin Syekh Ismail Al-Khalidi Al-Minangkabawi.

Raja Muhammad Tahir Hakim bin Al-Marhum Mursyid, menyarankan supaya Syekh Tahir tidak meneruskan perjalanan, karena Hakim Riau tersebut bermaksud bermuzakarah kitab falak berjudul “At-Thal'us Said”, maka Syekh Tahir tinggal di Pulau Penyengat hingga bulan Rabiul Akhir.

Dari Penyengat, Syekh Tahir kembali ke Singapura. Kemudian dengan menumpang sebuah kapal layar beliau menuju ke Siantan, Kepulauan Anambas bersama Syekh Muhammad Nur bin Syekh Ismail Al-Khalidi Al-Minangkabawi. Oleh sebab ketika itu kepulauan tersebut diserang wabah sakit beri-beri (sakit kebas), mereka terpaksa pulang ke Singapura pada bulan Sya’ban 1316 H/ Januari 1899 M, dengan menumpang sebuah tongkang yang membawa kelapa kering (kopra).

Tanggal 5 Ramadan 1321 H/ 24 November 1903 M, Syekh Tahir ke Surabaya dan singgah di Bali, Buleleng, dan Ampenan. Tanggal 9 Ramadan 1321 H/ 28 November 1903 M, beliau sampai di Pulau Sumbawa. Pada 13 Ramadan 1321 H/ 2 Desember 1903 M, Syekh Tahir Jalaluddin berhenti di rumah Tuan Qadhi Haji Muhammad Saleh, Sultan Muhammad Jalaluddin ibni Sultan Muhammad Daimuddin, Sumbawa.

Tanggal 7 Zulhijjah 1321 H/ 23 Februari 1904 M, Syekh Tahir dari Sumbawa menuju ke Bima. Tiba di Bima pada 25 Februari, lalu berhenti di rumah Imam Haji Thalib dan menghadap Sultan Ibrahim bin Sultan Abdullah bin Sultan Ismail bin Sultan Abdul Hamid.

Tanggal 16 Zulhijjah 1321 H/ 3 Maret 1904 M, Syekh Tahir Jalaluddin dari Bima menuju ke Makasar. Sampai di Makasar pada 16 Maret 1904, beliau berhenti di rumah Haji Ahmad Rifa'i dan berkenalan dengan Haji Muhammad Saleh Palembang dan Raden Haji Abdul Ghani Palembang. Pada 17 Maret beliau ke Goa menemui Haji Daud Daeng Manabi' bin Yusuf. Kemudian menghadap Sultan Husain bin Sultan Idris bin Sultan Abdul Qadir bin Al-Amir Mahmud Goa.
 

5.  Karya-Karya

Kitab Irsyadul Khaidhi li `Ilmil Faraidhi, diselesaikan pada hari Kamis, 12 Jamadil Akhir 1348 H. Cetakan pertama, Mathba'ah Al-Ahmadiah 82 Jalan Sultan, Singapura, 10 Rajab 1348 H/ 11 Desember 1929 M. Kandungannya membicarakan masalah membahagi pusaka. Penggal yang kedua, diselesaikan pada hari Jumat, 9 Safar 1371 H. Cetakan pertama, oleh percetakan yang sama, 1371 H/ 1952 M.

Huraian Yang Membakar, Taman Persuraian Haji, diselesaikan pada tahun 1349 H. Pokok perbicaraan adalah tentang shalat sunnah sebelum shalat Jum’at.

Perisai Orang Beriman Pengisai Mazhab Orang Qadyan, diselesaikan pada 4 Rabiul Awal 1349 H/30 Juli 1930 M, di Singapura. Dicatatkan umur pengarang 62 tahun Qamariyah, 6 bulan genap. Atau 60 tahun Syamsiyah, 7 bulan, 23 hari. Kandungannya membantah ajaran Qadyani. Cetakan pertama oleh Setia Press, 32 Lorong 21 Geylang Singapura.

Ithaful Murid fi Ahkamit Tajwid, tanpa disebut tarikh selesai penulisan. Kandungan pelajaran tajwid Al-Quran. Cetakan yang ketiga, Jelutong Press, Pulau Pinang, 1349 H/ 1931 M. Cetakan yang keempat, Mathba'ah Persama, Pulau Pinang, 1352 H/ 1933 M.

Ta'yidu Tazkirah Mutba'is Sunnah fir Raddi `alal Qa-ili bi Saniyati Raka'ataini Qablal Jum'ah, dalam bahasa Arab. Diselesaikan di Pulau Pinang pada 12 Syawal 1349 H. Kandungannya membahas perkara khilafiyah shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat Jum’at. Dicetak oleh The United Press, 55 Achen Street, Penang, 1372 H/ 1953 M.

Natijatul `Umur, diselesaikan: 1355 H/ 1936 M. Kandungannya mendapatkan perhitungan pada taqwim tarikh hijri dan miladi, arah Kiblat dan waktu-waktu shalat yang boleh digunakan selama hidup. Dicetak oleh Penang Printer Press, Pulau Pinang, 1355 H/ 1936 M.

Jadawil Pati Kiraan pada menyatakan waktu yang lima dan Arah Qiblat dengan logharitma, diselesaikan 15 Sya’ban 1356 H. Kandungan perhitungan falakiyah. Pada halaman 13 ada catatan, bahwa gurunya Al-'Allamah Syekh Muhammad bin Yusuf Al-Khaiyath, ulama Al-Haramul Makki yang mengajar berbagai ilmu di Masjidil Haram khusus ilmu hisab dan ilmu falak. Kemudian ulama tersebut dilantik menjadi Syekh Al-Islam Kedah yang meninggal dunia di Batuban, Pulau Pinang, pada tanggal 17 Rajab 1333 H. Cetakan yang pertama oleh Al-Ahmadiah Press Singapura, 1357 H/ 1938 M. Dicetak dalam bentuk kombinasi Melayu atau Jawa dan Latin atau Romawi.

Nukhbatut Taqrirat fi Hisabil Auqat wa Sammatil Qiblat bil Lugharitmat, tanpa dinyatakan tahun selesai penulisan. Kandungannya membicarakan kaidah ilmu falak. Uraiannya ditulis dalam bahasa Arab sedang jadwal yang menggunakan angka ditulis dalam angka Romawi atau Latin. Cetakan yang pertama, Royal Press, 745 North Bird Road, Singapura, 1356 H/ 1937 M.

Al-Qiblah fi Nushushi `Ulamais Syafi'iyah fi ma Yata'allaqu bi Istiqbalil Qiblatis Syar'iyah Manqulah min Ummuhat Kutubil Mazhab, tanpa dinyatakan tarikh selesai penulisan. Kandungannya membicarakan falak. Dicetak oleh Mathba'ah Az-Zainiyah, Taiping 1951, atas kebenaran Majelis Ugama Islam dan Adat Melayu Perak, No. (18) dlm. Pk. Red. Dept 110/50, bertarikh 21 September 1950. Terdapat delapan nama ulama yang mengesahkan, yakni Haji Abdullah Pak Him, Mufti Pulau Pinang, Haji Ahmad bin Tuan Husain Kedah, Guru Besar Sekolah Arab Pokok Sena Seberang Perai, Haji Syihabuddin bin Abdus Shamad Sungai Dua, Haji Hamzah bin Haji Muhammad Ali Pak Jak Sung, Seberang Perai, Haji Muhammad Saleh Al-Masri, Sekolah Arab Bukit Martajam, Haji Muhammad Sa'ad al-Masri, Sekolah Arab Bukit Martajam, Abdul Halim Utsman Mudir Al-Ma'had al-Mahmud Alor Setar dan Muhammad Nawawi bin Muhammad Tahir, Guru Agama Perak.

 

6.  Referensi

Buku Biografi Ulama Nusantara (ditulis oleh Wan Moh. Shagir Abdullah)

 

7.  Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 12 September 2022, dan terakhir diedit tanggal 08 Desember 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya