Walmart 'Prihatin' Tarif AS Akan Menaikkan Harga Produk Segar Meksiko

 
Walmart 'Prihatin' Tarif AS Akan Menaikkan Harga Produk Segar Meksiko

LADUNI.ID, Kepala Eksekutif Walmart Inc Doug McMillon mengatakan pada hari Jumat pengecer khawatir bahwa harga produk segar akan naik jika tarif berlaku pada impor dari Meksiko.

"Kami prihatin dengan kategori itu. Kami tidak ingin harga naik pada barang-barang segar untuk pelanggan dan kami akan menolaknya selama kami bisa, tetapi kami tidak bisa memastikan kapan harga itu harus naik," McMillon kepada wartawan pada pertemuan pemegang saham Walmart.

"Jika pelanggan fokus pada harga alpukat, kami akan menahan harga itu selama kami bisa dan fokus di tempat lain."

Presiden AS Donald Trump mengancam akan mengenakan pungutan mulai dari 5% pada 10 Juni jika pemerintah Meksiko tidak setuju untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi peningkatan sebagian besar migran Amerika Tengah yang melintasi Meksiko untuk memasuki Amerika Serikat.

Pada hari Jumat, Trump mengatakan ada "peluang bagus" Amerika Serikat akan dapat mencapai kesepakatan dengan Meksiko atas migrasi, meskipun pemerintahannya masih mendorong rencana untuk memasang tarif impor pada tetangga selatannya minggu depan.

Komentar McMillon muncul ketika pengecer sedang bersiap untuk kenaikan harga setelah tarif Trump atas impor dari China.

Walmart akan mengubah sumber basis produk jika memungkinkan, katanya.

"Di mana kita dapat mengubah sumber, apakah itu Meksiko, China, kita belum tahu, kita hanya harus menghadapinya dan menemukan tempat-tempat di mana kita dapat memotong biaya dalam waktu dekat," katanya.

McMillon tidak memberikan perincian tentang berapa banyak pengadaan Walmart dari Cina atau Meksiko.

Pada hari Kamis, Kepala Eksekutif Walmart A. Greg Foran mengatakan kepada Reuters dampak dari tarif impor dari Meksiko akan “signifikan” untuk Walmart. Dia menolak untuk membagikan detail tambahan.

Walmart juga mengatakan berharap Amerika Serikat dan China menemukan cara untuk bekerja sama. Adalah kepentingan terbaik AS untuk melakukannya karena China menawarkan "peluang bisnis yang luar biasa," kata McMillon.

Pengecer itu juga mengatakan sejauh ini tidak melihat dampak dari perang perdagangan terhadap bisnis di China dan Meksiko. Meksiko adalah pasar internasional Walmart terbesar dalam hal toko dan pendapatan di luar Amerika Serikat.

Bulan lalu pengecer mengatakan harga akan naik untuk pembeli karena tarif impor Cina.

"Perdagangan secara keseluruhan telah baik bagi orang Amerika, baik bagi konsumen dan saya menyadari hal itu kadang-kadang dikritik," kata McMillon, mendesak fokus pada bagaimana perdagangan membantu sejumlah besar orang di negara ini dan "bukan hanya yang merugikan "

Walmart telah menghabiskan waktu berbicara dengan kedua pemerintah dan berusaha mendorong hal-hal untuk bekerja "dengan cara yang kami bisa, tetapi kami tidak mengendalikannya," tambahnya.

Baca Juga

1. Saham Global Melonjak dan Dolar Jatuh, Seiring Pemangkasan Suku Bunga Data AS

2. Pertumbuhan Pekerjaan A.S. Melambat Tajam, Mempertinggi Kehawatiran tentang Ekonomi

3. PM Inggris Mundur Sebagai Pemimpin Konservatif

4. Pembicaraan Migrasi AS-Meksiko Berlanjut ketika Trump Kembali ke Washington

5. Angkatan Darat AS Telah Mengangkut 50 Ton Emas dari Suriah