Memory HP Habis Karena WhatsApp? Ikuti Cara Berikut Untuk Mengeceknya!

 
Memory HP Habis Karena WhatsApp? Ikuti Cara Berikut Untuk Mengeceknya!

LADUNI.ID, Jika anda adalah pengguna aplikasi WhatsApp, tentunya setidaknya memiliki dua grup WhatsApp. Tapi kebanyakan lebih dari dua grup. 

Tahukah anda, semakin banyak grup yang diikuti, akan semakin banyak memakan ruang memori perangkat. Sebab, selain banyak pesan teks dari anggota yang bergabung, tak jarang grup WhatsApp mengirim foto, video, stiker, dokumen, atau GIF yang terunduh otomatis. Padahal, jenis pesan multimedia tersebut berkapasitas lebih besar dibanding pesan teks biasa.

Rupanya tak hanya grup WhatsApp, ruang obrolan pribadi (personal chat) juga berpotensi mengonsumsi banyak memori, tergantung pada frekuensi chatting dan jenis file yang dimuat.

Lantas bagaimana cara mengetahui, grup WhatsApp atau personal chat mana yang membuat memori perangkat semakin menipis? Kami telah merangkum caranya.

Cara ini dapat diaplikasikan baik oleh pengguna Android maupun iOS dengan langkah yang sama.

Pertama, pergi ke menu "Settings". Kemudian, pilih "Data and Storage Usage", lanjutkan dengan memilih "Storage Usage".

Nantinya akan muncul daftar chat, baik grup maupun personal lengkap dengan informasi seberapa besar memori yang digunakan. Daftar tersebut telah diurutkan dari chat dengan ukuran file paling besar hingga paling kecil.

Anda bisa mengecek di masing-masing chat, jenis file apa yang paling besar, apakah teks, multimedia, atau lainnya.

Anda juga bisa membuat memori lebih lega dengan menghapus jenis-jenis file tertentu atau menghapus seluruh riwayat chat.

Sebagai informasi, WhatsApp juga telah menyediakan pengaturan untuk mencegah file multimedia terunduh otomatis, sehingga pengguna bisa memilah pesan mana yang penting untuk diunduh dan mana yang tidak.

Anda tinggal pergi ke menu "settings" lalu pilih "storage and storage usage". Lalu pada "media auto-download", pilih "when using mobile data" dan hilangkan centang di semua kotak jenis file multimedia. Semoga bermanfaat!