China Siap Bergabung dengan India untuk Kemitraan Pembangunan yang Lebih Dekat

 
China Siap Bergabung dengan India untuk Kemitraan Pembangunan yang Lebih Dekat

LADUNI.ID, Presiden Cina Xi Jinping mengatakan di Bishkek pada hari Kamis bahwa Beijing siap untuk bergabung dengan New Delhi dalam mendorong kemitraan pembangunan yang lebih erat antara kedua pihak.

Xi membuat pernyataan selama pertemuannya dengan Perdana Menteri India Narendra Modi menjelang KTT ke-19 Organisasi Kerjasama Shanghai di ibukota Kyrgyzstan, Bishkek.

Dalam pertemuan itu, Xi mengucapkan selamat lagi kepada Modi atas terpilihnya kembali sebagai perdana menteri India.

Xi mencatat bahwa China dan India adalah satu-satunya dua negara berkembang di dunia yang memiliki populasi masing-masing lebih dari 1 miliar, dan keduanya berada pada tahap penting perkembangan cepat.

Kerjasama antara kedua negara, kata pemimpin China, tidak hanya dapat mendorong perkembangan masing-masing, tetapi juga akan berkontribusi pada perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di Asia dan dunia yang lebih luas.

Dia juga mengatakan bahwa selama pertemuannya dengan Modi tahun lalu di Wuhan, provinsi Hubei pusat China, mereka telah memimpin hubungan China-India ke tahap baru, menambahkan bahwa Cina bersedia bergabung dengan India untuk melakukan upaya terus-menerus dalam mempromosikan kemitraan pembangunan yang lebih dekat. antara kedua sisi.

Xi mendesak kedua pihak untuk tetap berpegang pada penilaian mendasar bahwa China dan India saling menawarkan peluang untuk pembangunan, dan tidak saling mengancam, dan meminta kedua negara untuk terus memperdalam rasa saling percaya, fokus pada kerja sama, dan penanganan yang tepat. perselisihan mereka untuk mengubah hubungan bilateral menjadi elemen positif bagi perkembangan mereka masing-masing.

Presiden Cina mengatakan kedua negara perlu terus memperluas saluran untuk kerja sama, melakukan kerja sama di bidang-bidang seperti investasi, kapasitas industri dan pariwisata, membuat kue yang lebih besar dari kepentingan bersama, bersama-sama mempromosikan inter konektivitas regional, termasuk pembangunan Bangladesh -Cina-India-Myanmar Economic Corridor, dalam upaya untuk lebih meningkatkan pembangunan bersama.

Dia juga meminta kedua pihak untuk memanfaatkan mekanisme seperti pertemuan antara perwakilan khusus kedua negara mengenai masalah perbatasan, dan meningkatkan langkah-langkah membangun kepercayaan untuk menjaga stabilitas di wilayah perbatasan.

Sebagai perwakilan penting dari negara-negara berkembang dan ekonomi pasar berkembang, Cina dan India, kata Xi, perlu bersatu untuk melindungi perdagangan bebas dan multilateralisme, dan melindungi hak-hak pembangunan yang sah dari negara-negara berkembang.

Modi mengatakan pertemuannya dengan Xi tahun lalu di Wuhan sangat sukses, yang telah membantu mencapai kemajuan baru dalam hubungan bilateral, menambahkan bahwa pihak India siap untuk bekerja dengan China dalam mengintensifkan pertukaran tingkat tinggi dan memperkuat komunikasi strategis.

Dia meminta kedua belah pihak untuk mempromosikan hubungan bilateral di bidang yang luas, mengeksplorasi sektor-sektor baru untuk kerja sama, dan menangani perbedaan mereka dengan baik.

Memperhatikan bahwa tahun depan menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik bilateral, Modi mengatakan kedua negara perlu membuat rencana yang baik untuk perayaan meningkatkan pertukaran orang-ke-orang.

Baca Juga

1. Output Industri China Naik 5% di Bulan Mei

2. China, Rusia, Mongolia Bersumpah untuk Memperkuat Kerja Sama Trilateral

3. AS Disuruh Berhenti Mencampuri Urusan Hong Kong