China Menyangkal Adanya Hubungan Eksplorasi Gas dengan Gempa Bumi

 
China Menyangkal Adanya Hubungan Eksplorasi Gas dengan Gempa Bumi

LADUNI.ID, China - Gempa bumi yang mengguncang provinsi Sichuan beberapa hari yang lalu cukup menarik perhatian masa. Sehingga muncullah pernyataan bahwa eksplorasi gas dengan teknik fracking yang dilakukan pemerintah menjadi penyebab gempa bumi di Provinsi Sichuan pada Senin (17/6) lalu.

Seperti kita ketahui bahwa Provinsi Sichuan yang rawan gempa itu merupakan lokasi eksplorasi gas dengan teknik fracking yang cukup besar. Wilayah ini juga telah menyumbang hampir sepertiga dari produksi gas serpih di China, Seperti dikutip dari Reuters, (19/6). 

Namun demikian, tuduhan ini langsung dibantah oleh China. China langsung mengklarifikasi dan menyebutkan bahwa tidak ada indikasi apapun antara gempa yang mengguncang sebelah barat daya provinsi Sichuan dengan aktivitas mengeksplorasi gas di wilayah tersebut. 

Wang Haitao, Direktur Pusat Jaringan Gempa China, menjelaskan bahwa eksplorasi gas tidak bisa dikatakan sebagai penyebab terjadinya gempa bumi di Suchian karena buktinya tidak cukup. Kemudian pernyataan ini juga mendapat dukungan dari Administrasi Gempa Bumi China.

Adanya kegiatan eksplorasi gas serpih di provinsi Sichuan, menyebabkan ribuan warga di Provinsi itu melakukan aksi demonstrasi di depan gedung pemerintah di Rongxian. Mereka menuntut kegiatan eksplorasi tersebut adalah penyebab terjadinya dua gempa di wilayah tersebut. Sehingga pemerintah China memberhentikan teknik fracking dalam operasi eksplorasi gas serpih.