Iran Pajang Potongan Drone AS yang Jatuh

 
Iran Pajang Potongan Drone AS yang Jatuh

LADUNI.ID, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran pada hari Jumat mempertunjukkan apa yang mereka klaim sebagai potongan pesawat mata-mata AS yang jatuh di pantai selatan negara itu.

Angkatan udara Iran menembak jatuh unit "Global Hawk" Amerika ketika memasuki wilayah udara Iran di dekat wilayah Kuhmubarak pada hari Kamis, di pantai-pantai provinsi selatan Hormozgan.

Meskipun Teheran mengklaim telah menjatuhkan drone di wilayahnya sendiri, para pejabat AS bersikeras bahwa mereka telah dijatuhkan di atas perairan internasional. Pentagon bahkan merilis peta jalur penerbangan drone.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS, yang membuat Teheran bertanggung jawab atas serangan minggu lalu terhadap dua kapal tanker minyak yang berlayar di Teluk Oman dan empat kapal komersial lainnya di Selat Hormuz pada bulan lalu. Teheran menyangkal keterlibatannya, sementara pejabat militer IRGC telah menyatakan bahwa jika mereka melakukan tindakan seperti itu, mereka akan melakukannya secara terbuka.

Baca Juga

Teheran Tembak Jatuh Drone AS di Pantai Selatan Iran