Kondisi Terkini Pengungsi Lansia Rohingya

 
Kondisi Terkini Pengungsi Lansia Rohingya

LADUNI.ID, Bangladesh -  Nasib pengungsi Rohingya saat ini sungguh sangat tragis khususnya para lansia. Mereka kebanyakan tidak dapat melarikan diri dari kampung halaman mereka yang sedang mengalami konflik antara etnis Muslim-Rohingya dan militer Myanmar. Sehingga mereka tepaksa tetap tinggal di sana dengan kondisi yang sangat menyedihkan.

Seperti dilansir dari VOA, diketahui terdapat puluhan ribu pengungsi lansia yang masih tinggal di kampung-kampung di sekitar Myanmar dan mereka tidak mendapat bantuan kemanusiaan sesuai kebutuhan mereka, demikian menurut Amnesty International.
 
Hal tersebut dilaporkan berdasarkan wawancara langsung dengan para pengungsi yang telah melarikan diri ke kampung-kampung di Bangladesh. Salah satu kampung di bangladesh yang paling banyak dihuni pengungsi Rohingya adalah desa Kutupalong di Cox's Bazar. Di tempat tersebut terdapat lebih dari enam ratus ribu pengungsi dan di sekitar Kutupatong juga terdapat sejumlah para pengungsi. Sehingga keseluruhan terdapat lebih kurang satu juta pengungsi di wilayah tersebut. 

Berdasarkan laporan dari Amnesty International, Warga lansia Rohingya yang mampu mencapai kampung-kampung pengungsi menghadapi serangkaian tantangan lain. mereka seringkali tidak dapat mengakses fasilitas dasar. Namun di sisi lain, para lansia yang tidak mampu mencapai kampung pengungsian seperti kisah orangtua Mariam Katun juga sangat menyayat hati.

Perempuan tersebut terpaksa meninggalkan orangtuanya yang sudah lansia di rumah mereka di myanmar. Karena kondisi orangtuanya yang tidak dapat berjalan lagi dan mariam pun tidak sanggup untuk menggendong mereka. Sehingga orangtuanya terbakar hidup-hidup di rumahnya sendiri ketika para tentara myanmar datang kerumahnya dan membakar rumah tersebut.