Pesantren Al-Uswah Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Uswah Semarang

Profil

Yayasan pondok pesantren Al-Uswah didirikan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) dan sekarang diasuh oleh KH. Muhammad Thoyyib Farchany Al-Hafidz, yang merupakan putra tertua almarhum. Pondok pesantren Al-Uswah berlokasi di desa Pakintelan kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Yakni di sebuah pegunungan sejuk yang merupakan perbatasan antara Kota Semarang dengan Kabupaten Semarang.

Yayasan pondok pesantren Al-Uswah pada awal berdiri hanya mempunyai satu Majlis Ta’lim yang diperuntukan bagi umum dengan waktu pengajian pada setiap hari ahad, hingga pada tahun 2000 pembangunan di yayasan pondok pesantren Al-Uswah telah selesai KH. M. Mukhlisin (Alm) bermaksud ingin mengembangkan dakwahnya yang lebih dikhususkan untuk kalangan pemuda dan pemudi sehingga beliau membuka sekolah Formal dari mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diresmikan pada tanggal 13 April 2000.

Bukan hanya sekolahan saja yang disediakan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) akan tetapi beliau juga menyediakan asrama pondok pesantren sebagai tempat tinggal para siswa dan siswi yang sekolah di Yayasan Pondok Pesantren Al-Uswah, kemudian asrama pondok pesantren tersebut dimanfaatkan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) untuk memberikan pelajaran/pengajian pada siswa dan siswinya saat malam hari.

Seiring dengan kemajuan zaman, Yayasan Pondok Pesantren Al-Uswah kemudian berkembang dengan membagi kategori bagi siswa/santri yang akan menuntut ilmu di yayasan pondok pesantren Al-Uswah, kategori tersebut adalah pertama kategori siswa/santriyang hanya sekolah saja, kedua kategori siswa/santri yang sekolah sekaligus mondok di pesantren Al-Uswah dan yang ketiga kategori siswa/santri yang hanya mondok tanpa sekolah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.