Arab Saudi Tegaskan Tak Ingin Berseteru dengan Iran

 
Arab Saudi Tegaskan Tak Ingin Berseteru dengan Iran

LADUNI.ID, Riyadh - Terkait tuduhan Taheran bahwa Riyadh berusaha memprovokasi perang, maka Adel al-Jubeir, Menteri Arab Saudi untuk Urusan Luar Negeri menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar, Adel al-Jubeir mengatakan jika Arab Saudi sama sekali tidak ingin berkonflik dengan Iran. 

Adel al Jubeir mengatakan kepada Sky News, yang dilansir pada Jumat (21/6) "Itu konyol. Kami telah memperjelas dan begitu juga Amerika Serikat. Eskalasi datang dari pihak Iran dengan perilaku agresif mereka." 

Ia juga menambahkan "Kami berusaha menghindari perang dengan segala cara. Kami berkonsultasi dengan teman dan sekutu kami untuk melihat opsi dan langkah apa yang bisa diambil." 

Pasca penembakan drone nirawak milik AS oleh Iran di atas Selat Hormuz pada hari Kamis (20/6), kini, Amerika Serikat sedang mempertimbangkan respons atas penembakan drone tersebut. 

Sebenarnya, Selat Hormuz telah lama ingin ditutup oleh Iran terkait AS berusaha memangkas ekspor minyak Iran hingga pada nilai nol dengan cara menjatuhkan sanksi pada negara manapun yang membeli minyak dari negara tersebut. 

Hal ini membuat al Jubeir memberikan pendapat bahwa "Menutup Selat Hormuz akan menghasilkan reaksi yang sangat kuat, Karena jika pelayaran Internasional terganggu maka pasokan energi juga terancam sehingga harga minyak akan berdampak pada ekonomi dunia."