Pesantren Assalam Bandung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Assalam Bandung

Profil
Yayasan Assalaam didirikan pada tanggal 18 November 1952 melalui  akte  Notaris  Mr.  Raden Soedja  Nomor: 105  tahun 1952 oleh K.H.Habib    Utsman  Al-Aydrus. Kendati baru mendapatkan badan hukumnya pada tahun itu, berbagai kegiatan sosial-keagamaan yang dilaksanakan oleh tokoh  pendiri Yayasan keislaman ini telah dimulai beberapa puluh tahun ke belakang.

Sekembalinya dari beberapa pesantren untuk menuntut  ilmu, pada tahun 1930, Sayyid Utsman yang lebih dikenal dengan panggilan Habib Utsman mulai mengadakan pengajian dari rumah ke rumah. Peserta pengajian ini pada mulanya adalah kalangan orang  tua. Rumah yang paling sering dijadikan tempat pengajian adalah rumah R.K. Hardja Diwinangun, dengan memanfaatkan ruangan tengah sebagai tempat pengajian kaum ibu dan ruangan depan untuk para bapak.

Pengajian yang pada waktu itu masih sangat langka dan selalu mendapatkan pengawasan dari pihak penjajah Belanda semakin hari jumlahnya terus berkembang sehingga mencapai anggota sebanyak seratus lima puluh orang. Karena tempat pengajian sudah tidak dapat menampung para jamaahnya, atas sokongan R.K. Hardja Diwinangun dan H. Muhammad, pada tahun1940an dibangunlah sebuah masjid di atas tanah wakaf H. Muhammad, sebagai tempat pengajian yang lebih luas, yang kemudian dikenal dengan sebutan “Langgar  Banjar.”

Masjid ini diberi nama “Assalaam.”Setelah masjid Assalaam berdiri, Habib Utsman kemudian mendirikan pula “Perkumpulan Yatim-Miskin dan Pengajian Wiridan  "Ikhlas  Ati” yang disusul dengan pendirian Pesantren Gadis Islam (PGI) pada tahun 1942 yang dipimpinnya bersama-sama   dengan R. Hj. Siti Sa’diyah AR, putri  R.K. Hardja Diwinangun, dan bertempat di  jalan Dewi Sartika 17 Bandung. Pada tahun 1945 pesantren ini untuk sementara dihentikan  karena Habib Utsman harus mengungsi ke kota Solo.Sekembalinya dari pengungsian, Habib Utsman memulai kembali memakmurkan masjid Assalaam yang ditinggalkannya selama tiga tahun.

Untuk mengokohkan keberadaan itu, maka pada tanggal 18 November 1952 didirikanlah Yayasan Assalaam, dengan menempatkan diri sebagai guru agama Habib Utsman Al Aydarus yang bertempat tinggal di Jalan Sasak Gantung, 82/18B Bandung, bersama-sama dengan Raden Djuwarsa,    seorang partikelir yang bertempat tinggal di Jalan Merdeka 37 Paviliyun, Mas Wirasoedarma yang bertempat tinggal di Jalan Pasundan. Untuk mencapai tujuan tersebutdilakukan usaha-usaha sebagai berikut:
1. Mendirikan sekolah-sekolah
2. Mendirikan dan memelihara asrama-asrama
3. Mendirikan dan memelihara tempat-tempat ibadat

Selain pengembangan pendidikan formal dibangun pula unit-unit  pendidikan non formal seperti Lembaga Pendidikan Bahasa Arab, Lembaga Pendidikan dan Pemahaman  Al Qur’an, Pusat Komputer  Assalaam, dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Assalaam. Dalam bidang keagamaan, dikembangkan pula Majelis Taklim, Badan Wakaf, Pengajian Umum, Pusat Bimbingan Haji dan Umrah, dan Pondok Zakat   dan Wakaf, Pondok Yatim Assaalaam dan Balai Penerbitan. Sedangkan bidang pengabdian masyarakat didirikan dan bangun perpustakaan, klinik, Jasa Rahmatillah Assalaam (pemulasaraan Jenazah, Ambulan dan pemakaman), Koperasi Assalaam dan Majlis Istighotsah Istisyfa Assalaam.
Pengasuh
1. KH.Habib Utsman Al-Aydrus
2. K.H. Drs. Habib Syarief Muhammad Al-Aydarus.

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. TK Assalam
2. SMP Assalam
3. MTs Assalam
4. SD Assalam
5. SMA Assalam
6. SMK Assalam

Pendidikan Non formal
1. Madrasah Diniyah
2. Kajian Kitab Kuning.
3. Lembaga Pendidikan Bahasa Arab
4. Lembaga Pendidikan dan Pemahaman  Al Qur’an
5. Pusat Komputer  Assalaam
6. Pusat Penelitian dan Pengembangan Assalaam.
7. Majelis Ta'lim

Ekstrakurikuler
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Tilawah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Seni Hadrah/Marawis
5. Paduan Suara
6. Seni Tari
7. Khitobah
8. Kursus Kaligrafi
9. Kursus Komputer
10. Futsal
11. Taekwondo
12. Karya Ilmiah
13. Multimedia
15. Pramuka
16. English Club
17. Mading
18. Wirausaha: Belajar Komputer, Teknik Komputer, Bengkel
 


Ceramah di Masjid


Paduan suara diiringi musik angklung

Fasilitas
1.  Masjid
2.  Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5.  Perpustakaan
6. MCK/WC
7.  Ruang tamu
8. Kopontren
9. Lab. Praktekum Komputer
10. Lab. Praktekum IPA
11. Ruang Studio Musik
12. Dapur
13. Aula
14. Lapangan
15. Kantor
16. Posko Kesehatan
17. Ruang Praktek Bengkel


Gedung Sekolah


Gedung sekolah MTs


Alamat
 Jl. Yuda No.1, Balonggede, Regol, kota Bandung,  Jawa Barat
Kode Pos:  40251
Telepon:  (022) 423-5237
Email:  markom@assalaam.id
Untuk Keterangan dan Informasi Pendaftaran silahkan hubungi : https://assalaam.id/

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.