Pesantren Assalam Bandung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Assalam Bandung

Profil
Yayasan Assalaam didirikan pada tanggal 18 November 1952 melalui  akte  Notaris  Mr.  Raden Soedja  Nomor: 105  tahun 1952 oleh K.H.Habib    Utsman  Al-Aydrus. Kendati baru mendapatkan badan hukumnya pada tahun itu, berbagai kegiatan sosial-keagamaan yang dilaksanakan oleh tokoh  pendiri Yayasan keislaman ini telah dimulai beberapa puluh tahun ke belakang.

Sekembalinya dari beberapa pesantren untuk menuntut  ilmu, pada tahun 1930, Sayyid Utsman yang lebih dikenal dengan panggilan Habib Utsman mulai mengadakan pengajian dari rumah ke rumah. Peserta pengajian ini pada mulanya adalah kalangan orang  tua. Rumah yang paling sering dijadikan tempat pengajian adalah rumah R.K. Hardja Diwinangun, dengan memanfaatkan ruangan tengah sebagai tempat pengajian kaum ibu dan ruangan depan untuk para bapak.

Pengajian yang pada waktu itu masih sangat langka dan selalu mendapatkan pengawasan dari pihak penjajah Belanda semakin hari jumlahnya terus berkembang sehingga mencapai anggota sebanyak seratus lima puluh orang. Karena tempat pengajian sudah tidak dapat menampung para jamaahnya, atas sokongan R.K. Hardja Diwinangun dan H. Muhammad, pada tahun1940an dibangunlah sebuah masjid di atas tanah wakaf H. Muhammad, sebagai tempat pengajian yang lebih luas, yang kemudian dikenal dengan sebutan “Langgar  Banjar.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya