Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus

Profil
Pondok pesantren Darul Falah Jekulo Kudus secara geografis berada di Jl. Sewonegoro No. 25-29 Kauman, Jekulo, Kudus. Pondok pesantren Darul Falah merupakan salah satu pesantren salaf yang terletak di Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Pondok pesantren Darul Falah dibangun diatas tanah seluas 1630 m.

Desa Jekulo merupakan dataran rendah, sebelah utara berbatasan dengan Desa Tanjung Rejo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bulung Cangkring, sebelah barat berbatasan dengan Desa Hadipolo dan sebelah timur berbatasan dengan Desa klaling.

Adapun kompleks Pondok pesantren Darul Falah Jekulo Kudus ada empat kompleks yang terdiri dari dua kompleks putra dan dua kompleks putri, yang semua kompleks diapit oleh rumah para pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus yaitu KH. Ahmad Basyir (Alm), KH. Ahmad Badawi, KH. Ahmad Hamdi Asmu’i, Lc., KH. Muhammad Jazuli,S.Ag., MH., KH. Muhammad Alamul Yaqin, SH., MH., dan Kyai M. Syihabuddin, S.Th.I,M.Ag.

Sejarah
Pada tahun 1968-1969 ada seorang dermawan yang bernama H. Basyir memberi waqaf bangunan kuno kepada KH. Ahmad Basyir, kemudian KH. Ahmad Basyir mulai mendirikan pondok pesantren yang diberi nama "Darul Falah", tepatnya pada tanggal 1 Januari 1970 M. Kata Darul Falah berasal dari dua kata yang terpisah yaitu Darul dan Falah.

Kata Darul berasal dari kata ad-daar yang berarti rumah, sedangkan kata Falah berasal dari kata al-Falah yang berarti beruntung atau menang. Kata Darul Falah kemudian diartikan sebagai “Rumah Keberuntungan” atau Rumah orang-orang beruntung. Arti tersebut sesuai dengan harapan yang diinginkan agar para santri yang menggali ilmu di pondok pesantren Salafiyah Darul Falah nantinya menjadi orang yang beruntung baik di dunia maupun di akherat dan dapat di ambil keuntungannya oleh masyarakat setelah mereka terjun ke lingkungan masyarakat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.