Beberapa Cara Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

 
Beberapa Cara Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

LADUNI.ID, Flashdisk untuk beberapa waktu kedepan sepertinya tidak bisa kita hilangkan begitu saja manfaat dan fungsinya. Apalagi bagi kita yang kegiatan sehari-harinya bergelut dengan IT. Nah, berikut kami berikan beberapa tips merawat Flashdisk kesayangan anda agar lebih awet:

1. Lakukan 'Safely Remove' saat mau mencabutnya

Tampaknya mencopot USB flashdisk secara aman telah disediakan di OS Windows, yakni "Safely Remove Hardware" yang bisa Anda temukan di tanda panah pojok dekat penunjuk jam. Fitur 'safe removal' ini adalah sebuah peringatan untuk OS agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Yang meliputi diputusnya proses penulisan yang dilakukan pada drive, memberi peringatan kepada berbagai program yang ada di komputer bahwa drive ini akan segera hilang, serta mengingatkan pengguna jika program tak lagi melakukan 'action' terhadap file yang masih tersimpan di drive tersebut.

2. Hindari Mengedit File Langsung dari Flashdisk

Sejatinya, flashdisk memiliki umur yang dilihat dari jumlah proses tulis dan baca (write and read) yang dimiliki. Biasanya, flashdisk akan mulai rusak setelah lebih dari 100.000 orises read and write.

Solusi untuk memperlambatnya, sebaiknya Anda tidak melakukan edit langsung dari flashdisk. Pindahkan terlebih dahulu file Anda ke PC atau laptop lalu mengeditnya di sana. Fungsikan flashdisk hanya sebagai perangkat yang 'membawa' data secara mobile saja.

3. Hindari Medan Magnet

Sayangnya, beberapa komponen flashdisk bereaksi terhadap medan magnet dan dapat merusaknya. Anda sebisa mungkin harus menjauhkannya dari barang elektronik yang mengandung medan magnet.

Diantara barang elektronik yang mengandung medan magnet adalah kulkas, kipas angin, televisi, speaker, smartphone, dan home theater dan tentu saja smartphone kita. Jadi jangan menaruh flashdisk anda dekat dengan barang-barang tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Solusi Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop