Pesantren Al Istiqomah Banjarmasin

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD4 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al Istiqomah Banjarmasin

Profil

Pondok pesantren Al-Istiqomah yang bertempat di Jl. Pekapuran Raya RT. 28 Kelurahan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan yang pada
sejarahnya adalah daerah yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam, belum memiliki sebuah lembaga pendidikan Islam yang memadai dan representatif, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, padahal warga sangat berkeinginan akan adanya lembaga pendidikan Islam.

Selama ini untuk memasukkan anaknya ke pesantren, mereka harus menempuh jarak cukup jauh yang terletak di luar kota. Beberapa faktor tersebut sangat mendorong seorang tokoh masyarakat setempat yang bernama Prof. Dr. KH. A. Hafiz Anshary, MA, untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan (pesantren) di daerah perkotaan Banjarmasin.

Keinginan tersebut juga disampaikan kepada saudara sepupunya (Abd. Muiz). Abd. Muiz adalah santri keluaran pondok pesantren datu kalampayan Bangil Jawa Timur dan mempunyai orang tua angkat yang bernama H. Hasan, dari orangtua angkatlah diperoleh sebidang tanah wakaf seluas 24 X 36 m2. Dengan telah tersedianya tanah wakaf itulah, maka secara resmi didirikanlah sebuah pondok dengan nama Pondok Pesantren Al-Istiqamah, tepatnya pada tanggal 17 November 1984.

Pendiri Pondok Pesantren terdiri dari beberapa tokoh agama yang tergabung dalam wadah yang bernama Badan Pendiri. Badan Pendiri diketuai oleh H. Muhammad Sariman (alm), Sekretaris dipegang oleh

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.