Rusia Siap Kirim Rudal S-400 yang Dibeli Turki

 
Rusia Siap Kirim Rudal S-400 yang Dibeli Turki

LADUNI.ID, Moskow - Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu pemerintah Turki telah membeli rudal militer canggih S-400 dari Rusia. Rencananya rudal tersebut akan diserahkan oleh Rusia ke Turki pada Hari Minggu tanggal 7/7/2019 yang akan dikirim menggunakan pesawat kargo dan dijadwalkan tiba di Turki dalam beberapa hari kedepan.

Seperti dilansir dari Reuters, pengiriman perdana sistem pertahanan rudal S-400 akan dikirim dengan dua pesawat kargo dari pangkalan udara militer Rusia dan tim teknis Rusia yang akan mengawasi pemasangannya.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin, mengatakan bahwa senjata pertahanan S-400 segera diaktifkan begitu tiba di Turki. Senjata itu akan dikerahkan di Ankara.

"Pekerjaan sedang dilakukan untuk menentukan posisi masa depannya," katanya. "S-400 bukan sistem pertahanan yang dapat menimbulkan ancaman dalam sistem keamanan NATO kami," ungkap Kalin, seperti dikutip dari Daily Sabah.

Diketahui, Turki dan Amerika Serikat sempat berselisih mengenai pembelian S-400 tersebut. Pihak AS menganggap bahwa senjata tersebut tidak kompatibel dengan sistem pertahanan NATO dan akan membahayakan jet tempur F-35. Bahkan, Washington juga secara resmi memulai proses mengusir Turki dari program F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp, dengan Sanksi terhadap Turki dan pendepakannya dari program F-35. Namun, hal tersebut tidak digubris oleh Turki dan tetap melanjutkan pembelian rudal canggih tersebut.