Pesantren Babussalam Sarolangun Jambi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Babussalam Sarolangun Jambi

Profil

Pondok Pesantren Babussalam berdiri pada tahun 1992 didirikan oleh Hadrotussyaikh Ky Irfan, yang berasal dari Bandung, beralamat di Jl. Krakatau Rt 15, Desa Mentawak Baru. Kec Air Hitam. Kab Sarolangun Jambi,pada tahun 1986 beliau mengikuti program transmigrasi ke Jambi, pengajian berawal di majlis ta’lim di langgar/mushala, yang saat itu masih berupa bangunan sederhana dengan dinding papan dan atap ilalang, beriringnya waktu salahsatu penduduk yang bernama Bapak Sujadi yang masih berdekatan dengan lokasi pesantren mewakafkan sebuah bangunan rumah untuk dijadikan madrasah, mengingat banyak santri yang malamnya menginap karena subuhnya mengaji maka atas inisiatif masyarakat dengan dana swadaya dibangunlah kobong/ asrama putra.

Nama Babussalam Tafa’ul wa tabaruk (mengikuti karena mengambil berkah) dari pondok pesantren dimana Bapak Kyai pernah mesantren di Cililin, Bandung, maka dibuatlah nama Babussalam tersebut sebagai nama induk lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Babussalam yaitu pendidikan takhosus ,MTs Babussalam dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Babussalam, Sedangkan Yayasan Al-Irfaniyah diambil dari nama Bapak Kyai dengan menisbatkan beliau kedalam nama Yayasan, Sebagai pengasuh dan pendiri Pondok Pesantren Babussalam.

Kala itu Pondok Pesantren Babussalam masih menggunakan sistem salafi di bantu Putra Cikal beliau yaitu Zainal Arifin, sepulang dari pesantren tahun 2007 mulai diformulasikan sistem kelas sehingga pembelajaran tidak hanya didasarkan pada pemerataan penguasaan santri tetapi lebih dimudahkan untuk dimasukkan pada kelas yaitu dimulai dari kelas sifir awal, sifir tsani, satu wustho, dua wustho dan tiga wustho.

Madrasah Tsanawiyah Babussalam adalah salah satu tingkat/jenjang yang ada di Pondok Pesantren Babussalam, sejarah berdirinya MTs Babussalam tidak terlepas dari sejarah berdirinya Pesantren. Seiring berjalannya waktu dan tuntutan kebutuhan masyarakat khususnya, penyelenggaraan pesantren dengan sistem salafi di rasakan masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat zaman sekarang, dimana tuntutan potensi duniawi dan ukhrawi di zaman sekarang sangat di butuhkan. Berangkat dari amanat Hadrotussyaikh Romo Kyai Misbahul Munir sebagai guru dan mursyid di keluarga besar Ky. Irfan, dan Drs.KH. Asep Sodikin Ismail sebagai Kakak dari bapak Kyai dan Pengasuh Pondok pesantren Darul Inayah Bandung.

Mengingat tantangan dan kebutuhan zaman yang semakin kompleks maka lembaga pendidikan khususnya pesantren harus mengembangkan sayap dan berinovasi dalam metode dan orientasi duniawi dan ukhrawi, maka pondok pesantren harus menyelenggarakan pendidikan formal. pesan itulah yang berulangkali di sampaikan beliau kepada Ky Irfan selaku pengasuh Pondok Pesantren Babussalam, yang menjadi motivasi dalam penyelenggaraan MTs Babussalam. Setelah beberapa tahun berproses pembelajaran salafi, maka setelah kepulanganputra Kyai Irfan yang kedua dari studi di Bandung maka MTs Babussalam pada hari Rabu pon Tanggal 3 Juni 2015 secara resmi di buka bersamaan dengan acara haflah akhirussanah,dengan mengusung visi “ Unggul dalam prestasi, luhur dalam budi, menggapai ridha ilahi”.

SMA Terpadu Babussalam adalah jenjang lanjutan dari jenjang sebelumnya dan menjawab permintaan masyarakat terlebih wali santri untuk menyelenggarakan jenjang selanjutnya, mengingat pendidikan dalam rangka pembekalan keilmuan harus paripurna/tuntas, SMA Terpadu Babussalam hadir dalam rangka penyempurnaan materi pembelajaran di MTs sehingga 6 tahun sekolah merupakan modal awal untuk mengembangkan diri dan keilmuan setelah menjadi alumni, SMA Terpadu Babussalam di buka secara simbolis pada haflah akhirussanah tanggal 29 April 2019 bertepatan pada 13 Sya’ban 1439 H.

Pengasuh
KH. Irfan

Pendidikan

 
Pendidikan Formal
  1. MTs Babussalam
  2. SMA Terpadu Babussalam

Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
17. Drum band


Hadrah di pesantren Babussalam


Paduan suara di pesantren Babussalam
 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah



Gedung pesantren di pesantren Babussalam
 


Ruang Praktek komputer di ipesantren Babussalam
 

Alamat

Jl.Krakatau Desa Mentawak Baru Kec.Air Hitam Kab.Sarolangun Jambi

Kode Pos:  37357

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.