Pesantren Babussalam Sarolangun Jambi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Babussalam Sarolangun Jambi

PROFIL

Pondok Pesantren Babussalam berdiri pada tahun 1992 didirikan oleh Hadrotussyaikh Kiyai Irfan, yang berasal dari Bandung, beralamat di Jl. Krakatau Rt 15, Desa Mentawak Baru. Kec Air Hitam. Kab Sarolangun Jambi,pada tahun 1986 beliau mengikuti program transmigrasi ke Jambi, pengajian berawal di majlis taklim di langgar/mushala, yang saat itu masih berupa bangunan sederhana dengan dinding papan dan atap ilalang.

Beriringnya waktu salah satu penduduk yang bernama Bapak Sujadi yang masih berdekatan dengan lokasi pesantren mewakafkan sebuah bangunan rumah untuk dijadikan madrasah, mengingat banyak santri yang malamnya menginap karena subuhnya mengaji maka atas inisiatif masyarakat dengan dana swadaya dibangunlah kobong/ asrama putra.

Nama Babussalam Tafa’ul wa tabaruk (mengikuti karena mengambil berkah) dari pondok pesantren dimana Bapak Kiyai pernah mesantren di Cililin, Bandung, maka dibuatlah nama Babussalam tersebut sebagai nama induk lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Babussalam yaitu pendidikan takhosus,nMTs Babussalam, dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Babussalam.

Sedangkan Yayasan Al-Irfaniyah diambil dari nama Bapak Kiyai dengan menisbatkan beliau kedalam nama Yayasan, Sebagai pengasuh dan pendiri Pondok Pesantren Babussalam.

Kala itu Pondok Pesantren Babussalam masih menggunakan sistem salafi di bantu putra Cikal beliau yaitu Zainal Arifin, sepulang dari pesantren tahun 2007 mulai diformulasikan sistem kelas sehingga pembelajaran tidak hanya didasarkan pada pemerataan penguasaan santri tetapi lebih dimudahkan untuk dimasukkan pada kelas yaitu dimulai dari kelas sifir awal, sifir tsani, satu wustho, dua wustho dan tiga wustho.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.