Setelah Shalat Idul Adha, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Ziarah Makam Panglima Kerajaan Kubu

 
Setelah Shalat Idul Adha, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Ziarah Makam Panglima Kerajaan Kubu

LADUNI.ID, KUBU RAYA - Bersama Bapak Marju'i selaku pembina TPA surau Nurul Hidayah dusun Panglima segenap peserta KKL kelompok 24 berziarah ke Makam Panglima Raja Kubu, Ahad, 11/8 pagi.

Prosesi ziarah dilakukan setelah acara kirim doa & makan bersama di salah satu rumah warga dekat surau. Jama'ah salat Ied bersama-bersama menuju rumah tersebut guna berdoa keselamatan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan makan bersama. 

Ziarah ke Makam Panglima Raja Kubu merupakan tradisi tahunan yang dilakukan sebagian masyarakat dusun Panglima seperti halnya bapak Marju'i dan anak-anak didiknya.

"Ziarah ini kami lakukan setelah solat Ied, Saya biasa mengajak anak-anak untuk selamatan terlebih dahulu baru kemudian pergi ke Makam", ungkapnya

Dalam pemakaman tersebut, terdapat makam beberapa tokoh pemuka agama terkemuka pada zaman dahulunya di tanah Padang Tikar ini, salah satunya adalah Sayyid Husain bin as-sarir Saleh yang biasa diziarahi oleh warga sekitar, selain itu juga ada makam-makam prajurit panglima yang telah gugur dalam memperjuangkan Islam di tanah Padang Tikar. 

Ziarah ke Makam Panglima Raja Kubu yang ada di dusun Panglima merupakan upaya untuk mengenang para pejuang Islam di tanah Padang Tikar ini. Sederet tokoh ulama di berbagai penjuru tanah Indonesia yang banyak tidak terdeteksi sebab hilangnya jejak sejarah. (Aty)