Dalam Upaya Mencari Solusi Atas Program Nuklir, Menlu Iran Hadiri KTT G7 di Perancis

 
Dalam Upaya Mencari Solusi Atas Program Nuklir, Menlu Iran Hadiri KTT G7 di Perancis

LADUNI.ID, Mohammad Javad Zarif, Menteri Luar Negeri Iran secara mengejutkan mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Biarritz, Perancis pada Minggu malam (25/8) waktu setempat. 

Kehadiran Zarif ke pertemuan itu dianggap sebagai upaya mencari solusi dari kebuntuan diplomatik atas permasalahan program nuklir Teheran.

Menlu Zarif datang atas kunjungan tuan rumah Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang berusaha meredakan tensi antara Iran dan Amerika Serikat.

Kemelut antara Iran dan AS terus meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir pada Mei 2018 dan menjatuhkan sanksi embargo minyak.

Sementara itu, Perancis menjadi salah satu pihak yang berupaya menyelamatkan kesepakatan nuklir dengan Iran tersebut. 

Seorang diplomat Perancis mengatakan Zarif memang tidak direncanakan bertemu dengan Trump, namun kehadiran mereka di tempat itu diharapkan bisa melonggarkan tensi.

Melalui akun Twitter Menlu Zarif menuliskan status setelah bertemu Macron dan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian serta pejabat Inggris dan Jerman "Jalan di depan itu sulit. Tetapi patut dicoba,".

Seorang pejabat Perancis mengatakan bahwa Macron telah berbicara dengan Trump mengenai kedatangan Zarif ini sehari sebelumnya. 

Berdasarkan penjelasan Robert Malley, kepala International Crisis Group, Trump juga memberikan "beberapa tanggapan positif" terhadap rencana Macron tersebut.

"Mungkin Presiden Trump memberi tahu Presiden Macron secara pribadi bahwa dia terbuka untuk beberapa gagasan ini," Kata Malley.

Steven Mnuchin, Menteri Keuangan AS mengungkapkan bahwa Trump sebelumnya juga mengatakan bahwa jika Iran "ingin duduk dan bernegosiasi, dia tidak akan menetapkan prasyarat."