Biografi KH. Sahlan Tholib

 
Biografi KH. Sahlan Tholib
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Prfoil KH. Sahlan Tholib

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Santri-Santri
  6. Teladan
  7. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Sahlan Tholib atau yang kerap disapa Romo atau Mbah Sahlan lahir pada tahun 1909, di Desa Terik, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur. Beliau merupakan putra kedua dari empat bersaudara, dari pasangan KH. Muttholib dengan Ibu Nyai Khadijah.

Suadara-saudara beliau diantaranya, Gus Khusain, Romo (KH. Sahlan), Gus Isman, dan Gus Permadi.

Wafat

KH. Sahlan Tholib wafat kira-kira tahun 1972-an. Jenazah beliau dimakamkan di Sidorangu Krian.

Keluarga

KH. Sahlan melepaskan masa lajangnya dengan dinikahkan oleh gurunya dengan keponakannya sendiri akan tetapi tidak dikarunia anak dan kemudian KH. Sahlan atas perintah Gurunya Untuk menceraikannya.

Kemudian Mbah Sahlan mendalami ilmu agama lagi di Pondok Al-Khozini di Panji Buduran Sidoarjo Pada KH. Khozin.

KH. Sahlan pulang ke kampungnya di Desa Terik setelah itu menikah dengan Nyai Mudrikah putri KH. Mukti dengan Ibu Nyai Mar’ah dari di Dusun Sidorangu, Desa Watugolong, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai, 3 putra 6 putri, anak-anak beliau diantaranya,  Gus Abdul Qohir, Nyai Hj.Miskiyah, Nyai Hj.Miskinah, Gus H.Chudlori, Nyai Mu’ayadah, Nyai Hj.Siti Isnainiyah, Nyai Hj.Umi Kulsum, Gus Nur Hasan Samsul Arifin, dan Nyai Hj.Umi Mu'arofah.

Kemudian beliau menikah lagi dengan, Nyai Hj.Khomsatun dari Modong, Tulangan, Sidoarjo tidak diberi keturunan dengan Mbah Sahlan, lalu menikah lagi dengan Nyai Hj.Karimah dari Padangan, Bagusan, Mojokerto tidak diberi keturunan dengan Mbah Sahlan, lalu menikah lagi dengan Nyai Qomariyah dari Kalongan, Kudu, Jombang tidak diberi keturunan dengan Mbah Sahlan, lalu menikah lagi dengan Nyai Hj. Jonah dari Sumber, Terik, Krian, Sidoarjo tidak diberi keturunan dengan Mbah Sahlan.

Dan ketika menikah lagi dengan Nyai Hj.Muthowwi’ah dari Tegalsari, Mojoagung, Jombang, beliau dikaruniai 4 anak, diantaranya, Nyai Maslakhah, Nyai Hj. Maslamah, Nyai Masruroh dan Nyai Mamnuah.

Pendidikan

KH. Sahlan Tholib memulai pendidikannya dengan belajar mengaji kepada saudara sendiri sampai menjelang dewasa. Lalu Romo melanjutkan pendidikannya dengan mendalami ilmu agama di Pondok Pesantren Di desa Mindi Porong Sidoarjo pada KH. Marzuki. Romo merupakan santri yang sangat taat dan patuh pada gurunya sehingga dia menjadi santri yang sangat disayangi oleh Kiai Marzuki dan namanyapun diganti oleh gurunya yang asalnya Romo menjadi Sahlan.

Setelah selesai, beliau kemudian melanjutkan pendidikannya disebuah pondok di Ketapang daerah Malang sampai ia mendapatkan  benar-benar ilmu agama yang matang, barulah kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di kiai ternama di Bangkalan yaitu KH. Kholil Bangkalan.

Beliau sewaktu menjalani masa pendidikan di pondok pesantren memiliki sifat yang sangat dermawan, beliau tidak pernah kikir terhadap teman-temannya. Apa pun yang beliau miliki bila ada orang membutuhkan pasti beliau bantu.

Suatu ketika, beliau disuruh oleh guru atau kiainya di pondok  untuk mengajar di tiap-tiap rumah sembari diberikan bekal uang dan sedikit beras, beliau terus bertanya kepada kyainya tersebut untuk apa uang saku  dan sedikit beras itu, kemudian gurunya hanya diam dan tidak menJawab, dengan rasa bingung KH. Sahlan Tholib berangkat untuk menjalankan  perintah dari kiainya tersebut.

Kemudian setelah KH. Sahlan Tholib berjalan dan tiba dirumah pertama beliau langsung berjalan ke belakang rumah dan memanggil pemilik rumah dan bertanya apakah si pemilik rumah tersebut sudah memasak buat keluarganya apa belum dan si pemilik rumah menjawab belum karena tidak memiliki beras.Tanpa berpikir lama KH. SahlanTholib langsung mengeluarkan beras yang dibawanya dan diberikan sedikit kepada pemilik rumah tersebut, begitu seterusnya hingga apa yang diberikan oleh gurunya habis.

Santri-Santri

KH. Sahlan Tholib adalah sosok ulama ahli riyadhoh yang telah mencetak santri-santrinya menjadi kiai-kiai yang masyhur. Santri-santri beliau diantaranya, Abah Thoyyib Krian, Mbah 'Ud Pagerwojo, dan Gus Ali Muhammad (Karib Gus Miek) Tropodo.

Dalam sebuah kisah, santri beliau, Abah Thoyyib Sumengko Krian, awal mula "nyantri" ke KH. Sahlan, langsung diuji untuk meninggalkan duniawinya (Kekayaan, jabatan). Padahal Abah Thoyib kala itu merupakan pejabat desa (konon sebagai lurah/camat) yang dihormati.

Dengan penuh takdzim, Abah Thoyyib melepaskan belenggu duniawinya, serta mengajak istrinya ikut menyelam dunia riyadhoh. Abah thoyib pun mendermakan seluruh hartanya untuk umat Islam.

Kemudian, Abah Thoyib berjalan kaki meniti ajaran tasawuf dibawah bimbingan KH. Sahlan. Laku spiritual seperti inilah yang memunculkan konsep "Sabar, Neriman, Loman, Akas, Temen, Ngalah".

Pesan KH. Sahlan yang disampaikan kepada Abah Thoyyib hingga dikemudian hari dituturkan kepada santri-santri beliau adalah "Langgengno kebiasaan apike leluhurmu" (lestarikan kebiasaan baik pendahulumu).

Dalam artian: kebiasaan berpuasa sunnah senin-kemis, kebiasaan sedekah, kebiasaan sholat sunnah, wirid, sholawat, mengaji, membangun masjid, bercocok tanam, berbuat baik dan bermanfaat untuk orang lain harus dilestarikan.

Teladan

Teladan yang dapat diikuti KH. Sahlan adalah sosok yang sangatlah istiqomah dalam mengaji dan mengajarkan ilmu agama, selalu membaca sholawat tidak pernah putus dimanapun tempatnya dan kapanpun, KH. Sahlan selalu bersholawat.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid KH. Sahlan Tholib dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 23 November 2020, dan terakhir diedit tanggal 31 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya