Ziarah di Makam KH. Chudlori, Muasis Pesantri API Magelang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Chudlori, Muasis Pesantri API Magelang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  KH. Chudlori beliau adalah ulama besar kharismatik dari Magelang, beliau dikenal ulama yang alim, rendah hati, dan mengayomi masyarakat. Dalam mensi'arkan Islam, alumnus dari pondok pesantren Tebuireng Jombang, itu selalu mengutamakan pendekatan Rahmatan Lil "Alamin.

Profil

KH. Chudlori lahir di Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah dari pasangan Muhammad Ikhsan dan Mujirah. Beliau anak kedua dari sepuluh bersaudara. Muhammad Ikhsan adalah penghulu Tegalrejo pada masa penjajahan Belanda. Untuk tanggal kelahirannya tidak dapat diketahui secara pasti, Ayah beliau Muhammad Ikhsan bernama Abdul Halim, juga penghulu zaman Belanda yang sangat dihormati. Abdul Halim menangani urusan agama di Magelang meliputi kecamatan Candimulyo, Martoyudan, Mungkid, dan Tegalrejo.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. KH. Siroj
  2. KH. Hasyim Asy'ari
  3. Kiai Chozin Muhajir.
  4. KH. Ma'shum 
  5. KH. Baidlowi

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi  KH. Chudlori

Lokasi Makam
Lokasi Religi Makam Kyai Chudlori di Tegalrejo Magelang Jawa Tengah terletak di komplek pesantren API desa Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi jawa tengah.

KH Zubair Dahlan yang notabene ayahanda KH Maimoen Zubair digelar rutin setiap pertengahan Ramadan setiap tahunnya. Ayahanda Mbah Maimoen Zubair ini wafat pada 15 Ramadan 1389 H di usia 70 tahun.

Baca artikel detiknews, "Hadiri Haul KH Zubair Dahlan, Ketum PPP: Semoga Kita Bisa Teladani Beliau" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6039250/hadiri-haul-kh-zubair-dahlan-ketum-ppp-semoga-kita-bisa-teladani-beliau.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Chudlori tak pernah sepi dari bacaan Alquran, Dan di dekat makam terletak Tugu Mental bertuliskan "Hati sutji adalah dasar hidup abadi". Makam KH. Chudlori banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Magelang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di komplek Pemakaman pesantren API desa Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Chudlori, maka akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang berkah, dimudahkan dalam mencari mata pencaharian sesuai bidangnya, bagi para santri dan pelajar akan dimudahkan mencari ilmu baik ilmu agama maupun ilmu dunia dan cita-cita yang diinginkannya tercapai.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Magelang di antaranya:
Wayang Kulit, Getuk Trio, Wajik Khas, Jenang, Tape Ketan, Slondok, Geblek, Sarung Goyor, Ampyang.