Ziarah di Makam Syeikh Asnawi Pandeglang, Ulama Pejuang dari Pandeglang

 
Ziarah di Makam Syeikh Asnawi Pandeglang, Ulama Pejuang dari Pandeglang

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syeikh Asnawi adalah Ulama kharismatik dan Mursyid tarekat Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah, beliau merupakan seorang tokoh ulama yang paling berpengaruh dan paling kharismatik pada tahun 1920-an.

Tidak hanya mengajarkan agama, Syeikh Asnawi juga terkenal semangatnya yang menggebu dalam melawan penjajah. Beliau mengobarkan semangat pemuda untuk melawan dan menentang kolonialisme Belanda. Apalagi, saat itu seluruh wilayah Banten berhasil dikuasai penjajah. Bahkan, tak hanya mengobarkan semangat juang kemerdekaan lewat lisan, tapi juga aksi. Syeikh Asnawi juga dikenal memiliki ilmu bela diri yang sakti.

Profil

Syeikh Asnawi dilahirkan pada tahun 1850. Ayah beliau bernama Syeikh Abdurrahman, seorang alim ulama dan menjabat sebagai penghulu Landraat di jamannya. Ibu beliau bernama Ratu Sabi'ah juga seorang alim dan ahli ibadah. Beliau adalah wanita Sholehah yang semasa hidupnya dibaktikan untuk suami dan mengurus anak-anaknya serta diketahui beliau tak pernah meninggalkan tempat sembahyangnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN