Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Abdul Wahab Chasbullah Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Abdul Wahab Chasbullah Jombang

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Kiai Haji Abdul Wahab Chasbullahadalah seorang ulama inspirator, pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama. KH Abdul Wahab Hasbullah memiliki rpandangan modern, dakwahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 November 2014.

Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah juga pencipta syair "Ya Lal Wathon" yang banyak dinyanyikan dikalangan Nahdliyyin, lagu Ya Lal Wathon di karangnya pada tahun 1934. KH Maimun Zubair mengatakan bahwa syair tersebut adalah syair yang beliau dengar, peroleh, dan di nyanyikan saat masa mudanya di Rembang. Dahulu syair Ya Lal Wathon ini dilantangkan setiap hendak memulai kegiatan belajar oleh para santri.

Profil

KH. Abdul Wahab Chasbullah atau yang biasa dipanggil dengan Mbah Wahab lahir di Jombang, 31 Maret 1888. Beliau merupakan putra pasangan KH. Hasbullah Said, Pengasuh Pesantren Tambakberas Jombang Jawa Timur, dengan Nyai Latifah.
KH. Abdul Wahab Chasbullah dari kecil hingga besar banyak dihabiskan di pondok pesantren. Selama kurang lebih 20 tahun, beliau secara intensif menggali pengetahuan keagamaan dari beberapa pesantren.

Lokasi Makam

KH. A. Wahab Chasbullah wafat pada hari Rabu 29 Desember 1971 pukul 10.00 WIB dan dimakamkan pada hari itu juga pada jam 17.00 WIB. Makam beliau berada di kawasan pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang tepatnya di jalan Kyai Haji Wahab Chasbullah No.80, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
 

Haul

Haul beliau diperingati setiap tahun pada bulan Dzulqa'dah yang diacarakan di pesantrenBahrul Ulum Tambakberas Jombang mengenai tanggal Haul pihak keluarga pesantren yang akan memberitahu acara haul diperingati.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
     1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
     2. Untuk mendoakan
     3. Untuk mendapatkan keberkahan
     4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Dengan berdoa kepada Allah dengan melalui wasilah maka akan ada fadilah di antaranya:
1. Dimudahkan mendapatkan keturunan yang sholeh, cerdas, dan ahli agama
2. Dimudahkan mendapatkan keturunan
3. Dimudahkan mencari rejeki, derajat.
 
Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang usai ziarah di Jombang di antaranya: Jenang Kupas, Tahu Pong, Jambu Bol Gondang Manis, Kerupuk Beras, Brondong Ketan, Bolu Plembem. ·