Ziarah Makam di Guru Mughni, Mualim dari Tanah Betawi

 
Ziarah Makam di Guru Mughni, Mualim dari Tanah Betawi
Sumber Gambar: Twitter @dennieHan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Guru Mughni adalah salah satu dari enam guru ulama Betawi di abad ke-19 hingga abad ke-20. Beliau memiliki nama lengkap Abdul Mughni bin Sanusi bin Ayyub bin Qays.

Bahkan sebagian harta dirinya sumbangkan untuk membiayai kegiatan dakwah Islam dan juga untuk membantu masyarakat Kuningan yang butuh modal berdagang. Ketika Guru Mughni tinggal di Makkah, beliau seringkali memberikan pinjaman kemah-kemah untuk jemaah haji Indonesia. Selain itu rumahnya yang berada di Makkah juga dijadikan wakaf untuk para pelajar Indonesia yang bermukim di tanah suci.

Guru Mughni memang terkenal sangat mengutamakan kepentingan masyarakat, seperti halnya dalam perjuangan kemerdekaan. Beliau pernah mengizinkan rumahnya di Jalan Mas Masur 38 Tanah Abang sebagai tempat pertemuan tokoh-tokoh Jong Islamiten Bond oleh KH Agus Salim.

Guru Mughni adalah seorang saudagar yang memiliki kekuatan ekonomi yang cukup besar. Bahkan, beliau pernah menolak tawaran Belanda menjadi kepala penghulu.

Guru Mughni memiliki peran penting dalam memberikan penerangan kepada masyarakat Betawi, khususnya soal akidah, sehingga pengaruh ajaran animisme dan dinamisme lambat laut mulai luntur.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN