Turki Lumpuhkan Drone yang Menerabas Wilayahnya

 
Turki Lumpuhkan Drone yang Menerabas Wilayahnya

LADUNI.ID, Sebuah pesawat nirawak (drone) tidak dikenal yang menerobos wilayah udara Turki di perbatasan dengan Suriah dilumpuhkan Angkatan Udara Turki, pada Minggu (29/9) kemarin.

Drone tersebut awalnya terdeteksi di dekat perbatasan kemudian masuk ke wilayah udara Turki sebanyak enam kali, seperti yang dilansir AFP.

Lalu pesawat yang tidak dikenal tersebut ditembak dengan pesawat tempur pada 13.24 waktu setempat.

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan "Sebuah pesawat tanpa awak yang menerobos wilayah udara kami sebanyak enam kali (pada Sabtu kemarin) telah dijatuhkan oleh dua pesawat F-16 kami yang diterbangkan dari Incirlik,".

Berdasarkan informasi yang didapat Turki, bangkai pesawat nirawak tersebut ditemukan di Cildiroba oleh pasukan Turki di Kilis yang dekat dengan perbatasan Suriah.

Insiden ini terjadi menjelang pertemuan dewan keamanan nasional Turki dengan pemimpin sipil dan militer yang dilakukan pada hari ini.

Dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, pertemuan ini akan mengangkat permasalahan Suriah sebagai agenda utama.

Pertempuran udara di perbatasan Turki-Suriah pernah terjadi pada 2015 silam. Jet tempur Turki pernah menembak pesawat Sukhoi Su-24 milik Rusia.

Menurut pemberitaan situs CNN Indonesia, Akibat kejadian tersebut, muncul krisis hubungan bilateral antara kedua negara tersebut.

Vladimir Putin, Presiden Rusia, sempat mengecam serangan tersebut dan menganggap Turki "menusuk dari belakang". Namun, akhirnya mereka berdamai dan bekerja sama dalam masalah Suriah meski berlawanan kubu dalam konflik tersebut.

Negara Turki mendukung para pemberontak yang menuntut mundurnya Presiden Suriah, Bashar al-Assad, sedangkan Rusia menjadi sekutu dari rezim Suriah.