Wisata Spiritual dan Berdo'a di Makam KH Muhammad Shiddiq Jember

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Spiritual dan Berdo'a di Makam KH Muhammad Shiddiq Jember

Sekilas Sejarah

KH Muhammad Shiddiq biasa dipanggil Mbah Shiddiq lahir tahun 1453 H (1854 M) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. KH Muhammad Shiddiq adalah ulama berkhlaq yang sholeh, tawadu’, dan muru’ah sehingga menjadi teladan para ulama dan generasi tokoh masyarakat berikutnya.

Yai Shiddiq mengeyam pendidikan pada beberapa ulama terkenal, yaitu KH. Abdul Aziz Lasem Rembang, KH Sholeh Langitan Tuban, KH. Sholeh Darat Semarang, KH Cholil Bangkalan, KH Ya’kub Panji Sidoarjo dan KH Abdurrahim Sepanjang Sidoarjo.

Setelah pengembaraan mencari ilmunya, Yai Shiddiq mendirikan Pesantren sebagai pengabdian ilmunya di masyarakat. Mula-mula di Lasem, kemudian sekitar tahun 1870-an, beliau hijrah ke Jember dan mendirikan pesantren di Kampung Talangsari Jember yang sekarang dikenal dengan Pesantren Ash-Shiddiqi putra (PPI ASHTRA) di jalan KH. Shiddiq 201 Jember . Melalui pesantren inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berkembangnya Islam di Jember melalui strategi pengkaderan santri dan mendirikan masjid-masjid.

KH Muhammad Shiddiq Wafat di Jember pada Ahad Pahing pukul 17.45 tanggal 2 Ramadhan 1353 H/ 9 Desember 1934 M di usia 80 tahun.
 


Lokasi Makam

Makam KH Muhammad Shiddiq Jember berada di Jalan Gajah Mada, Condro, Jember.