Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH. Abdullah Salam Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH. Abdullah Salam Pati

Biografi Singkat

KH Abdullah Salam dari Kajen Pati, beliau adalah pendiri dan pengasuh Pondok Terbesar di Kajen yaitu Pondok Matholi’ul Falah, Akrab disapa dengan Mbah Dullah. Dilahirkan di desa Kajen-Margoyoso Pati, dengan nama Abdullah, ketika anak beliau di tambahi Zain, menjadi Abdullah Zain untuk membedakan beliau dengan beberapa anak sebaya yang kebetulan bernama sama yaitu Abdullah.

Kelahiran beliau ini masih khilaf. KH. Ma’mun Muzayyin menantu Mbah Dullah mengaku bahwa yang dia dengar dari ayah KH. Muzayyin beliau lahir tahun 1917 M/1335 H. Sementara masih menurut KH. Ma’mun Muzayyin, Mbah Dullah sendiri secara langsung pernah mengatakan bahwa tahun kelahiran beliau berkisar antara tahun 1910-1915 M/1328-1333 H.

Pendidikan KH Abdullah Salam di Pesantren Sampang Kiai Said, Pesantren Mathali’ul Falah Kajen Pati, pesantren Tebuireng, Jombang di bawah asuhan KH. Hasyim Asy’ari, mondok untuk ngaji Qiro’at Sab’ah ditempat pesantren KH. Arwani, Kudus. Sepulang dari kudus,beliau mengajar di perguruan islam Mathali’ul Falah serta PMH pusat.

Sejak seminggu sebelum wafatnya mbah Dullah tepatnya pada hari Ahad 4 November 2001 kesehatan KH.Abdullah Zen Salam mendapatkan masalah yang cukup serius, pada hari Senin tanggal 5 November dengan tertatih beliau memaksakan diri pagi-pagi sekali untuk berziarah ke sarean kakek buyutnya sekaligus guru rohaninya yaitu KH.Ahmad Mutamakkin.
 
Pagi itu keinginan beliau untuk pulang tidak bisa dicegah lagi dan beliau akhirnya memang benar-benar pulang kerumahnya di Kajen. Bahkan tampaknya bukan ingin pulang kerumah tapi sekaligus pulang ke kamarnya sendiri. Ini tampak ketika keluarganya menyiapkan kamar khusus di rumahnya yang dimaksud untuk mempermudah perawatan, beliau menolak dan terus memaksa untuk ditempatkan dikamarnya sendiri. Kehendak beliaupun dituruti, beliau ditempatkan dikamarnya sendiri yang sangat sederhana, tempat yang menjadi saksi pengabdian beliau dan juga sebagai saksi bisu kepergian beliau.
 
Setelah semalaman kondisi kesehatannya tampak tidak stabil, sehabis subuh beliau tampak tertidur nyenyak. Kondisi ini berlangsung sampai ajal menjemputnya pada pukul 14.33 WIB. Terlihat kondisi beliau sedemikian tenang dan damai ketika berangkat menuju kekasih agungnya.
KH. Abdullah Salam wafat, hari ahad 11 Nopember 2001 M yang bertepatan dengan 25 Sya’ban 1422 H. Semesta tertunduk menghormati keberangkatan sang permata...Al Fatihah
 

Lokasi Makam

Makam KH. Abdullah Salam berada di pemakaman keluarga Pesantren Perguruan Islam Mathali'ul Falah, Kajen, Pati.