Etnis Hui di China Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

 
Etnis Hui di China Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Ada pemandangan unik di Beijing. Pasalnya, ratusan Muslim, baik pria maupun wanita, dari etnis Hui di China merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nandouya, Beijing, Sabtu lalu.

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW tersebut dirayakan dengan membaca Alquran dan berdoa bersama di dalam masjid yang kini telah berusia 200 tahun lebih itu. Setelah itu, mereka makan-makan bersama di ruang serba guna yang masih berada dalam kompleks masjid di kawasan Chaoyangmen tersebut.

Adapun menu santapan yang tersedia berupa sup daging sapi, sup ayam, nugget, bakso daging sapi goreng, roti goreng, dan nasi putih. Hidangan diatur di setiap meja bundar yang dikelilingi delapan hingga sepuluh kursi tersebut.

Setidaknya, terdapat sekitar sepuluh meja yang disediakan pihak takmir di ruangan tersebut sejak pukul 09.00 waktu setempat (08.00 WIB). Juru masak pun dari kalangan takmir masjid yang memiliki dapur lengkap dengan peralatan masak.

"Mari makan bersama kami," kata Zhao Yong Qiang, imam Masjid Nandouya, mempersilakan untuk santap menu Maulid bersama sejumlah anggota takmir.

Peringatan Maulid Nabi tersebut, tambahnya, rutin digelar setiap tahun di masjid yang berlokasi sekitar 1,5 kilometer dari kantor Kementerian Luar Negeri China itu.

"Suasananya selalu ramai seperti ini," ujar imam berusia 50 tahun itu. Ia mengaku pernah berkunjung ke Masjid Chengho Surabaya, Makam Sunan Ampel Surabaya, dan Masjid Istiqlal Jakarta itu.