Pesantren Miftahul Amal Bekasi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Miftahul Amal Bekasi

Profil

Awalnya Mushola Al-hamidin bangunan tahun 1969 dirubah menjadi Masjid atas persetujuan Guru/Mualim Hamim pada tahun 1979. Peletakan batu pertama pada hari senin tanggal 05 Desember 1979 dengan nama “Masjid Jami An-Nur” dan Majlis Ta’lim Nurul Amal kaum ibu tiap hari Rabu dan Sabtu. Masjid Jami An-Nur sebagai Masjid kedua di Jatimakmur Setelah Masjid Agung Nurul Huda.

Atas dasar kesepakatan masyarakat dan ulama dibentuklah Panitia Pembangunan Masjid Jami An-Nur guna merehabilitasi dan memindahkan lokasi Masjid kelokasi yang baru yaitu tanah wakaf yang dibeli oleh masyarakat secara  turunan tahun 1992 dengan luas 1890 M2 dengan tujuan Masjid Jami An-Nur yang akan dibangun tampak lebih refresentatif nantinya karena halamannya cukup luas.

Peletakan batu pertama pada hari sabtu tanggal 10 Juni 2000 M / 07 Rabiul Awwal 1421 H. dan Alhamdulillah dengan bantuan masyarakat Muslim serta Jamaah Masjid Jami An-Nur dapat selesai dan diresmikan penggunaannya oleh Bapak H. Akhmad Zurfaih selaku Wali Kota Bekasi disaksikan alim ulama setempat pada hari Jum’at tanggal 24 Oktober 2003 M / 28 Sya’ban 1424 H berlantai tiga dengan anggaran ± Rp. 1.150.000.000.- (satu milyar seratus lima puluh juta rupiah).

Dalam perjalanan pendidikan lewat sekolah (Madrasah Diniyah) semakin lama semakin diminati, dan timbul pemikiran agar siswa-siswi Madrasah  dapat memahami ilmu-ilmu umum, maka pada tahun 1980 pelajaran umum mulai diajarkan dengan guru-guru antara lain. Maka pada tahun 1982 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Amal meluluskan yang pertama alumni berijazah Negeri dan diakui keberadaannya oleh Departemen Agama dan Departemen P dan K.

  1. Pada tahun 1984 berbarengan dengan adanya bantuan subsidi bangunan, dicobalah didirikan Madrasah tingkat Tsanawiyah (MTs) Miftahul Amal yang bertujuan agar siswa-siswi yang lulus Ibtidaiyah dapat melanjutkan pendidikan ke MTs.
  2. Tahap berikutnya dibangun RA / TK pada tahun 1988 melengkapi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak pra sekolah.
  3. Untuk melebarkan sayapnya dibangun Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Amal pada tahun 1993 yang bertujuan memberikan kesempatan belajar bagi siswa-siswi lulusan Tsanawiyah / SMP yang tidak ada kesempatan belajar ketempat-tempat lain yang mungkin lebih besar lagi pengeluaran dana / ongkos.
  4. Pada tahun 2004 dibangun TKA / TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) untuk memberi kesempatan anak-anak Muslim yang belajar disekolah umum SD / SMP mempelajari agama.
  5.  Tepatnya bulan Juli 2005 Yayasan Miftahul Amal mendirikan Pendidikan Kejuruan dengan nama SMK BHAKTI PERSADA, guna memenuhi kebutuhan umat yang ingin putra putrinya belajar dan mendalami ilmu kejuruan Ekonomi & Manajemen.

Pengasuh

  1.  KH. Hamdani 

Pendidikan

Pendidikan Formal

1. Madrasah Ibtidaiyah
2. Madrasah Tsanawiyah
3. Madrasah Aliyah
4. SMK Bhakti Persada (Marketing, Accounting & Teknik Komputer Jaringan)
 

Pendidikan Non Formal

  1. Madin
  2. Tahfidzul Qur'an
  3. Sorogan Kitab
  4. Latihan Lajnah Batshu Masa'il (LLBM)

Ekstrakurikuler

  1. Kitab Kuning
  2. Bahtsu Masa'il
  3. Pidato
  4. Seni Kaligrafi
  5. Seni Hadroh
  6. Seni Tilawah Qur'an
  7. Khitobiyah
  8. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro
  9. Jam'iyyah Santri
  10. Sepakbola
  11. Basket 
  12. Volly 
  13. Badminton.
  14. Paskibra
  15. PMR

 


 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
  16. Ruang Praktekum Ketrampilan: Menjahit, Bengkel, Komputer
     


 



Alamat

Jl. Antara Dalam No.89, RT.005/RW.019, Jatimakmur, Kec. Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 

Kode Pos: 17413

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.