Polda Metro Jaya Gandeng Banser Mengamankan Natal dan Tahun Baru

 
Polda Metro Jaya Gandeng Banser Mengamankan Natal dan Tahun Baru

LADUNI.ID, Jakarta - Menghadapi Natal dan tahun baru ini, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Lilin Jaya 2019 dengan mengerahkan puluhan ribu personel. Personel akan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan natal hingga perayaan tahun baru.

"Karena operasi ini operasi kemanusiaan, yaitu Operasi Lilin Jaya 2019, kami sudah menyiapkan lebih-kurang 10 ribu personel untuk mengamankan seluruh wilayah yang ada di DKI Jakarta sekitarnya ini," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/12/2019).

Polda Metro Jaya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk menghadapi Natal dan tahun baru. Polisi tidak hanya menempatkan pengamanan di gereja-gereja, tetapi juga di tempat wisata hingga tempat-tempat mudik.

Lebih dari itu, Polda Metro Jaya siap mengamankan kegiatan Natal dan tahun baru. Organisasi kemasyarakatan (ormas) juga dilibatkan dalam pengamanan tersebut.

"Pihak Polda Metro Jaya juga telah berkoordinasi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan, salah satunya Barisan Ansor Serbaguna (Banser)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (18/12) kemarin.

Total ada 1.559 gereja di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang diamankan polisi. Dari 1.559 gereja yang ada, beberapa di antaranya menjadi prioritas karena banyaknya jemaat dan karena lokasinya berdekatan dengan tempat ibadah agama lain.

"Ada 57 gereja yang mendapat skala prioritas pengamanan. Salah satunya karena berdekatan dengan tempat ibadah lainnya," imbuh Yusri.

Polda Metro Jaya menurunkan 8.196 personel untuk melakukan pengamanan. Selain di gereja-gereja, polisi membuat pos pengamanan di titik-titik rawan.

"Anggota sudah siap, ada 95 pos pengamanan (pospam), baik di Jakarta maupun di sekitar Jakarta," imbuh Yusri.