Bahaya Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Tidur

 
Bahaya Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Tidur

LADUNI.ID, Jakarta - Bagi sebagian orang, tidur adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan karena dapat mengistirahatkan organ-oragan fisik. Bahkan, tidur juga memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Banyak sebenarnya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari tidur, dari mulai meningkatan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, meningkatkan fungsi indera, menjaga berat badan, sampai memaksimalkan pertumbuhan badan.

Meskipun begitu, sama halnya seperti banyak hal di dalam hidup, tidur jika dilakukan secara berlebihan justru akan memunculkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tidur cukup itu sehat, namun terlalu banyak tidur, justru juga membahayakan bagi kesehatan.

Berikut bahaya-bahaya yang ditimbulkan karena terlalu banyak tidur, yang telah dirangkum oleh Laduni.id dari berbagai sumber, sebagai berikut.

Obesitas

Saat tidur, metabolisme tubuh berjalan dengan sangat lambat. Nah, jika hal tersebut terjadi dalam durasi yang sangat lama dan berulang-ulang, maka ia bisa mengakibatkan obesitas.

Diabetes

Terlalu banyak atau terlalu lama tidur ternyata mampu meningkatkan kadar gula darah dala tubuh. Peningkatan kadar gula darah ini meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, risiko tersebut juga diikuti dengan risiko lainnya seperti jantung dan stroke.

Sakit Hati

Tidur terlalu lama terbukti membuat pasangan atau orang tua menjadi jengkel. Hal tersebut akan berdampak pada makian yang tentu saja bisa menyakiti hati. Dan kita semua tahu, orang yang sering sakit hati cenderung lebih mudah terkena penyakit.

Depresi

Berdasarkan berbagai penelitian kesehatan, para ahli menyebut bahwa sekitar 25 persen penderita depresi mengaku suka tidur terlalu lama.

Mudah Lupa

Tidur terlalu lama ternyata mampu memperlambat fungsi kerja sel otak, hal tersebut bisa berdampak pada kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. Jika terjadi pada tingkat yang lebih ekstrem, ia bisa menimbulkan kepikunan.