Biografi KH. Muhammad As’ad Umar

 
Biografi KH. Muhammad As’ad Umar
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi KH. Muhammad As’ad Umar

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Guru-guru
3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir

KH. Muhammad As’ad Umar lahir pada 18 Agustus 1933 di Jombang. Beliau merupakan putra dari KH. Umar Tamim, pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

1.2 Riwayat Keluarga

KH. Muhammad As’ad Umar menikah dengan Nyai. Hj. Azzah. Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai delepan anak. Putra-putri beliau adalah Zaimuddin, Zulfikar, Zainul Ibad, Niswah Qonita, Zulhilmi, Zahrul Jihad, Uswatun Qoyyimah, dan Zahrul Azhar.

1.3 Wafat

KH. Muhammad As’ad Umar wafat pada tanggal 5 Desember 2010. Jenazah beliau disemayamkan di makam keluarga besar Pondok Pesantren Darul Ulum.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Lahir dan tumbuh di lingkungan pondok pesantren, pendidikan KH. Muhammad As’ad Umar sejak kecil diperolah dari ayahnya KH. Umar Tamim dan paman-pamannya di Pondok Pesantren Darul Ulum sampai tingkat SMA. Selepas SMA, Kiyai As’ad melanjutkan pendidikannya di beberapa pesantren, salah satunya di Pondok Pesantren Al-Mu’ayyat Jamsaren Solo.

Pada tahun 1958, beliau menimba ilmu di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Yogyakarta dan mondok di Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak di bawah asuhan KH. Ali Ma’sum, KH. Abd. Qodir dan KH. Abdullah. Namun, belum sampai meraih gelar sarjana beliau sudah dipanggil ayahandanya untuk membantu mengelola pesantren.

2.2 Guru-guru Beliau

  1. KH. Umar Tamim (Ayah KH. Muhammad As'ad Umar)
  2. KH. Ali Ma'sum
  3. KH. Abdul Qodir
  4. KH. Abdullah

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

KH. Muhammad As’ad Umar telah berhasil mendirikan beberapa sekolah yang hingga kini terbukti mampu memberikan pendidikan, yang tidak hanya bernilai agama, namun juga ilmu pengetahuan umum secara utuh dan menghasilkan santri yang siap menghadapi tantangan zaman.

Sebut saja SMA 2 Unggulan BPPT yang pernah menarik BJ Habibie untuk ikut menyokong pembangunannya. Juga Akper DU yang kala itu bahkan hingga kini masih menjadi karya monumentalnya untuk perkembangan pendidikan pesantren yang mungkin di masanya masih tak terpikirkan oleh banyak pesantren lain.

Sebagai seorang ulama, bukan berarti KH. Muhammad As’ad Umar tidak aktif dalam organisasi. Kiyai As’ad pernah aktif di sejumlah organisasi. Sebut saja Front Nasional Kabupaten Jombang, Persatuan Petani NU Jombang, dan bahkan Majlis Dakwah Islamiyah Jawa Timur juga pernah dipimpinnya. Selain itu, beliau juga pernah aktif menjadi anggota dewan, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga DPR/MPR RI dari partai Golkar.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Muhammad As’ad Umar dapat dilihat di sini.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya