Faedah Ijtima' Mantiqi Al Wafa' bi Ahdillah

 
Faedah Ijtima' Mantiqi Al Wafa' bi Ahdillah

LADUNI.ID, Jakarta – Inilah beberapa faedah yang bisa dicatat.

1. Berkata Habib Ahmad bin Hasan al Attas ; empat kitab yang hendaknya dibaca dan diulang-ulangi. Karena sesungguhnya  bagi pemula akan mendapatkan kemanfaatan dan senior akan menjadi pengingat. Dan karena hal itu mencakup ilmu yang banyak yaitu: Muqoddimah Fahrul Ar Rozi sampai surat baqoroh, Muqoddimah Syarah Muslim, Muqoddimah Syarah Muhadzab dan Muqoddimah ibnu Khaldun.

2. Berkata Habib Ahmad bin Hasan Al Attos : berkata Habib Muhsin bin Alwi as segaf Toriqoh kita 3 perkara; Qur'an Sunnah dan Mengikuti Salaf. Habib Abdulloh bin Alwi Al Haddad

والزم كتاب الله واتبع سنة

واقتد هداك الله بالأسلاف

Senantiasa menetapi al Qur'an dan ikutilah sunnah. Dan ikutilah jalannya para Salaf semoga Allah swt senantiasa memberikan petunjuk.

3. Berkata Sayyid Habib Ahmad bin Hasan al Attos Toriqoh kita mudah... seperti halnya taroqihnya para salaf terdahulu seperti imam Al Ghazali Abi Ishaq As Syairozi dan Imam Nawawi.

4. Sesunggunya para Salaf mereka senantiasa membaca kitab Al Muhadzab membaginya menjadi 40 fasal dibaca  secara bergantian setiap hari satu bagian. Dan setelah hatam 40 hari mereka mengulanginya lagi.

5. Dan juga Beliau menganjurkan untuk membaca kitab Adzkar. Sesungguhnya para Ulama' ahli Fikih  berkata: ketika seseorang bermahdzab syafii sholat dibelakang orang yang bermahdzab Maliki atau hanafi dan tidak melakukan qunut, maka disunnahkan sujud syahwi akan tetapi para Salaf tidak melakukan sujud syahwi. Karena mengikuti salah satu pendapat syafii yang memperbolehkan hal itu dan Untuk menjaga kebersamaan dan tidak nulayani.

6. Kitab Tuhfah dan semisalnya tidak selayaknya dibaca kecuali orang yang menjadi Qodli atau Mufti. Adapun selainnya hendaknya membaca kitab Salaf seperti Imam Nawawi, Al Ghazali, Abi Ishaq al Syairozi dan semisalnya dari kitab-kitab yang mudah.

Semoga bermanfaat.

(Ahmad Zain)