Upaya Moderasi Beragama, PCNU Surabaya Apresiasi Masjid Premium di Mall

 
Upaya Moderasi Beragama, PCNU Surabaya Apresiasi Masjid Premium di Mall

LADUNI.ID, Surabaya - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya mengapresiasi  pelaku usaha yang memberi perhatian lebih pada layanan fasilitas ibadah atau masjid di mal dan pusat perbelanjaan Kota Pahlawan, Jatim.

"Pakuwan Mall dan Tunjungan Plaza adalah dua dari sekian mal elit di Kota Surabaya yang dinilai serius nenyiapkan fasilitas ibadah yang representatif dan berkelas melalui masjid yang telah disediakan," kata Ketua PCNU Surabaya, Achmad Muhibbin, di Surabaya, Sabtu (7/3) lalu, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman Antara, Sabtu (14/3).

Menurutnya, langkah ini perlu ditiru oleh dunia industri lainnya karena Islam di perkotaan harus terus dijaga konsistensi dan moderasi beragamanya untuk kemaslahatan Indonesia. Sebab, selain menyediakan masjid premiun yang mewah, mal juga mengelola aktifitas peribadatan di kedua masjid dengan baik sesuai ajaran Islam yang moderat dan tidak terpapar radikalisme, dengan menjalin kerjasama dengan PCNU Surabaya.

Oleh karena itu, lanjut dia, PCNU Surabaya memberikan dukungan dan doa kepada Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza karena kedua pusat perbelanjaan ini bisa kian berkembang di era kompetisi industri digitial yang ketat dewasa ini.

Selama ini, PCNU Kota Surabaya memang sedang getol menggarap dakwah Islam moderat di perkotaan melalui Gerakan NU Urban. Selanjutnya, PCNU Kota Surabaya juga sedang menyiapkan kerjasama berikutnya terkait penyaluran sedekah berupa Zakat, Infak Shadaqah (ZIS) melalui lembaga filantropi milik NU yaitu NUCARE LAZISNU Kota Surabaya.

Untuk diketahui, PCNU Surabaya menganugerahkan penghargaan kepada instansi/lembaga yang berkomitmen mengembangkan dan menginspirasi syiar Islam Penghargaan ini diberikan dalam acara Resepsi Harlah NU ke-97 di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 7 Maret 2020.

Penerima penghargaan ini terdiri dari pengelola pusat bisnis dan perbelanjaan, Instansi pemerintah, lembaga pendidikan, Kepengurusan NU di tingkat kecamatan atau kelurahan, pegiat dakwah, lembaga dan sebagainya.