Majelis Ar Raudah Sekumpul Martapura

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Ar Raudah Sekumpul Martapura

Profil

Secara historis, pendirian lembaga pendidikan Islam biasanya dilakukan dengan membuka lahan baru sehingga memungkinkan munculnya permukiman baru dan transmigrasi lokal. Fenomena tersebut terjadi di era Kalimantan Selatan modern dan tidak lepas dari peran ulama kharismatik KH.Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul).

Pada dekade 1980-an, pengajian beliau masih digelar di Mushalla Darul Aman, Jalan Sasaran, Kelurahan Keraton, Martapura. Baru pada awal 1989, pengajian pindah ke lokasi baru sekaligus menandai era baru dunia syiar Islam di Martapura. Pada akhir tahun 1980-an KH Muhammad Zaini Abdul Ghani memusatkan dakwahnya di majelis pengajian MushalaAr-Raudhah yang terletak di Kelurahan Sekumpul(Abbas, 2015).

Sebelumnya wilayah Sekumpul tersebut merupakan wilayah penuh dengan semak belukar pohon karamunting dengan hanya terdapat satu-dua rumah yang nampak. Lambat laun seiring berkembangnya dakwah oleh KH Muhammad ZainiAbdul Ghani, majelis beliau dihadiri oleh ribuan bahkan puluhan ribu santri dan jamaah yang datang dan istiqomah mengaji kepada beliau yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara

Pengasuh

  1. KH.Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) 
  2. Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani 
  3. Guru Sa'adudin
     

Alamat

Jl. Sekumpul, Jawa, Kec. Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan