Pesantren Riyadul Mustaqim, Mandiraja, Banjarnegara

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Riyadul Mustaqim, Mandiraja, Banjarnegara

Profil

Pondok Pesantren Riyadul Mustaqim didirikan pada tahun 1998 oleh KH. Khozin Asror pada tahun 1998. Pada mulanya  Pondok Pesantren Riyadul Mustaqim hanya ,engelola pendidikan pendidikan tradisional dan pembinaan masyarakat sekitar.

Untuk menge,bangkan pesantren, pada tahun 2008  dibuatlah Yayasan Pondok Pesantren Riyadul Mustaqim yang menaungi unit pendidikan dan memperkasai berdirinya SMP Plus Riyadul Mustaqim pada tahun 2012.

Pondok Pesantren ini berbasis modern dan salaf yang disarikan dari kitab-kitab babon dan kitab-kitab Tsurat Mu'tabarah sebagai rujukan primer.

Sejarah
Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Riyadul Mustaqim tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda. Setelah Laskar Diponegoro tercerai-berai, mereka membuka lahan baru untuk menyiapkan kader pejuang sekaligus membumikan ajaran islam. Tidak terkecuali di Bantar, Kertayasa Kecamatan Mandiraja Banjar Negara.

Kamp perjuangan di masa perlawanan tersebut berdiri Masjid sebagai pusat aktifitas perjuangan yang nanti dikemudian hari berdiri Pesantren dengan berbagai penunjangnya. Pada masa tersebut,  Kyai Ahmad Basrawi sebagai pandega perjuangan menjadi pengggembleng masyarakat sekitar dan puluhan santri dari daerah Jawa barat. Beliau juga tercatat sebagai tokoh pendiri NU cabang Banjarnegara.

Pada era  berikutnya, menantu Kyai Basrawi yang bernama Khozin Azror diamanati membina masyarakat Mandiraja. Sambutan antusias dari masyarakat sekitar membuat masjid tidak pernah sepi dari kegiatan keagamaan. Beliau fokus mendidik masyarakat dan ikut terlibat aktif dalam membumikan ajaran Ahlussunah wal Jamaah dan menjadi Rois Syuriah MWCNUMandiraja.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.