PAUD IT Nur Hidayah Surakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
PAUD IT Nur Hidayah Surakarta

Profil
PAUD Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah Surakarta merupakan pendidikan anak usia dini dibawah Yayasan Nur Hidayah yang berdiri sejak 2004 serta berakreditasi A. PAUD Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah berlokasi di Jl. Semangka No 57 Kerten Laweyan Surakarta Jawa Tengah.

Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya lulusan Taman Kanak-Kanak yang mulai memiliki kepribadian Islami serta kemampuan dasar dan teknologi
Misi 
Menyiapkan anak didik untuk memiliki aqidah islam yang benar.
Menyiapkan anak untuk memiliki kecakapan dalam mengatur perilaku kesehariannya secara Islami.
Menyiapkan anak menguasai kemampuan dasar pengetahuan dan teknologi.
Menyiapkan anak untuk mengasah bakat dan potensinya secara optimal.

Kurikulum
1. Taman Ceria 
2. Taman Sehat
3. Taman Ilmu:
     1. Taman Bahan Alam
     2.Taman Balok
     3. Taman Peran
     4. Taman Multimedia
     5. Taman Persiapan
     6. Taman Eksplorasi 
     7. Taman Ibadah
     8. Taman Olah Tubuh         
I. Pembelajaran Al qur’an
PAUD IT Nur Hidayah Surakarta ada program pembelajaran Al Qur’an. Setiap harinya difokuskan selama 60 menit untuk pembelajaran Al Qur’an. Untuk pembagian waktunya adalah sebagai berikut:
1. Pembukaan (5 menit)
2. Muroja’ah hafalan dan menambah hafalan baru (15 menit)
3. Penanaman konsep materi dengan peraga (10 menit)
4. Latihan ketrampilan membaca (20 menit)
5. Pesan dan nasehat (5 menit)
6. Mengulang ayat baru dilanjutkan do’a penutup (5 menit)
II. Pendampingan Orang Tua
Orang tua saat ini menjadi guru terbaik bagi tumbuh kembang ananda. Produktivitas waktu ananda di rumah sangat tergantung dari kualitas pendampingan orang tua. Untuk itulah PAUD IT Nur Hidayah berusaha memberikan sedikit solusi sebuah perencanaan pendampingan belajar dan pembiasaan perilaku Islam yang bisa diterapkan dalam keseharian. Program perencanaan pendampingan ini, kami beri nama Kurikulum Keluarga.
Muatan Kurikulum Keluarga mulai dari anak bangun hingga anak tidur kembali.
NO LINGKUP PERKEMBANGAN STRATEGI
1 (Aqidah) Tanamkan pada anak bahwa Virus Corona ada dan tiadanya atas kehendak Allah. Allah mencintai manusia untuk senantiasa menjaga makanan halal dan thoyyib saja. Penjelasan dengan narasi-narasi sederhana sesuai perkembangan berfikir anak.
2 (Akhlaq) Tanamkan pada anak bagaimana berakhlaq sesama anggota keluarga. Empati, saling membantu, berkata lembut dll, adalah akhlaq yang harus ditanamkan. Barangsiapa menjag akhlaqnya maka akan duduk berdekatan dengan Rosulullah SAW di syurga.
3 (Ibadah) Ajak anak untuk berlatih thoharoh training yang meliputi cuci tangan, cebok, berwudhu dengan cara yang benar. Setelah itu biasakanlah sholat berjama’ah di rumah. Dan minta anak-anak untuk selalu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
4 (Wawasan Islam) Bacakan shiroh Nabi dan Rosul dan para sahabat sebagai pengantar tidur ananda. Ambil ibroh yang bisa diteladani untuk anak-anak kita
5 (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Berikanlah motivasi bagi anak-anak untuk banyak membaca buku. Ajak mereka untuk berdiskusi terhadap apa yang telah mereka dapatkan dari buku-buku tersebut. Walau anak-anak baru sebatas membaca gambar. Biasakan juga anak-anak belajar lingkup kognisi mereka, bagaimana mereka harus berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalahnya. Asah terus kemampuan bahasa ananda dengan memberi kesempatan mereka berkomunikasi aktif. Alat atau bahan yang ada di rumah bisa menjadi sumber belajar bagi anak. Mengklasifikasi mainan pun menjadi hal yang menarik bagi anak. Permainan tradisional pun bisa menjadi solusi begi mereka untuk berfikir dan bergerak secara positif.
III. Berdagang seperti Rasulullah
PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menggelar kegiatan market day. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka puncak tema putaran ke-12 yang bertemakan “Profesi Para Nabi”. Kegiatan market day yang digelar bertujuan tidak hanya mengajarkan anak-anak tentang fungsi uang tetapi juga menekankan tentang adab-adab berdagang sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Anak-anak beserta ustadz dan ustadzah wali keluarganya menyiapkan barang dagangan mereka sendiri-sendiri. Ada yang menjual aneka mainan anak, puding, jajanan pasar, yoghurt, balon, dan sebagainya. Anak-anak berprofesi sebagai penjual sekaligus pembeli. Mereka menawarkan barang-barang dagangan mereka terlebih dahulu, barulah mereka membeli produk-produk jualan kelas yang lain.

Harapannya kegiatan seperti ini bisa memberikan pelajaran berharga kepada anak-anak untuk menghargai uang yang mereka dapatkan. Anak-anak juga mampu mengelola sendiri uang yang mereka punya dan digunakan untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz
2. Presenter
3. Beladiri
4. Koreografi
5. Nasyid
6. Sains
7. Kreatifitas
8. Teater

Alamat
Jl. Semangka No 57 Kerten Laweyan Surakarta Jawa Tengah
Telepon : (0271) 713 661