Biografi Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki

 
Biografi Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki

Daftar Isi Profil Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Khidzmah di Makam Sayyidah Zaenab
  4. Seorang Pedangan Ikan

Kelahiran

Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki lahir di daerah as-suyut, suku Soidi di Mesir bagian selatan.

Wafat

Kabar terakhir dari makam Sayyidah Zaenab Al-kubra adalah salah satu khadim makam Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki yang terkenal jadzab wafat sebulan lalu.

Khidzmah di Makam Sayyidah Zaenab

Kurang lebih 33 tahun ia habiskan sisa umurnya untuk berkhidzmah di masjid dan makam Sayyidah Zaenab, dan hampir tiap hari, pagi, siang dan malam selalu membawa banyak bekal makanan, lantas diberikan kepada para fakir miskin yang berada dipelataran masjid dan area maqam.

Ia tuna aksara, tak bisa baca dan nulis. Akan tetapi tiap berada dihadapan makam Sayyidah Zaenab, secara spontan melontarkan puisi-puisi indah yang selalu bikin ramai, hingga membuatnya dikenal publik Mesir sebagai orang jadzab.

Selain ia memang sudah tinggalkan kehidupan dunianya dan hanya menghabiskan waktu dengan memuji Sayyidah Zaenab.

Ammu Samak adalah gambaran betapa cintanya masyarakat Mesir pada ahlul-bait.

Sehingga, betapapun gentingnya keadaan negeri. Mereka percaya dan yakin tanah ajaib Mesir ini selalu berada dalam lindungan Allah SWT, lantaran berkat do'a khusus Sayyidah Zaenab kala memasuki Mesir waktu itu. Juga berkat para ulama'nya, auliya', ahlul-bait, Anbiya' dan khususnya kanjeng Nabi Muhammad Saw.

Sekiranya negerimu tak kunjung tentram dan membikin resah gelisah. Barangkali kerana cintamu pada kanjeng nabi dan yang bersambung padanya.

Seorang Pedangan Ikan

Saat Syekh Muhammad Hasan Badawi Al-Asyuti Al-Samaki masih  muda, beliau adalah seorang penjual ikan disekitaran distrik Sayyidah Zaenab, yang membuatnya dijuluki Al-samaki. Kadangpun orang-orang memanggilinya 'Ammu Samak (Paman Ikan).

 

Sumber : Falih Vava (Cairo Egypt)