Panti Asuhan Baitus Salam Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Baitus Salam Semarang

Profil
Panti Asuhan Panti asuhan Baitus Salam Kota Semarang Jawa Tengah terletak di jalan Purwomukti Barat V Rt.08/Rw.01 Pedurungan Lor Kota Semarang didirikan pada tanggal 31 Desember 2008 dengan status dikukuhkan oleh Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah nomor 838/ORSOS/2009/2012 merupakan Panti Asuhan dengan menggunakan sistem terbuka untuk semua umat islam dengan status yatim, piatu, yatim piatu dan orang tidak mampu (anak-anak yang terlantar pendidikannya).

Yang menjadi dasar berdirinya Panti Asuhan Baitus Salam Kota Semarang Jawa Tengah adalah pelaksanaan amalan sesuai dengan Q.S Al- Ma un ayat 1-3 yang menjelaskan bahwa orang yang mendustakan agama adalah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan kepada fakir dan miskin. Sedangkan tujuan didirikan Panti Asuhan Baitus Salam Kota Semarang Jawa Tengah adalah membantu program Pemerintah Indonesia dalam rangka pengentasan kemiskinan dan penyantunan anak-anak terlantar utamanya anak-anak yatim, piatu, yatim piatu dan orang miskin di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya sehingga mereka dapat hidup layak dan mendapatkan pendidikan sebagaimana anak-anak yang lain.

Kebutuhan rasa aman akan dirasakan dan dinikmati oleh anak jika meraka terlindungi dalam tempat tinggal yang aman dan layak. Proses pemenuhan kebutuhan fisik, mental maupun sosial sebagian besar terjadi didalam rumah. Oleh karena itu anak yang tidak mempunyai rumah atau anak yang berada didalam rumah tetapi tidak memadai dari segi fisik, materi maupun kesehatan tidak terpenuhi kebutuhannya akan rasa aman. Panti asuhan sebagai lembaga kesejahteraan sosial yang bertanggung jawab memberikan pelayanan pengganti atas kebutuhan fisik, mental dan sosial pada anak-anak asuh agar memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi perkembangan kepribadiannya merupakan jawaban untuk mengatasi masalah anak-anak terlantar.

Dengan demikian tujuan pokok panti asuhan adalah melindungi anak-anak terlantar, memberikan kebutuhan pendidikan, keterampilan bagi anak agar kelak dapat berguna di masyarakat dan dapat menumbuhkan kemandirian bagi anak. Pelayanan dapat berupa pengembangan pribadi anak, pelayanan menyangkut aspek pendidikan dan latihan, pembinaan fisik dan kesehatan serta intergrasi dengan masyarakat. Sampai saat ini Panti Asuhan Baitus Salam Kota Semarang Jawa Tengah telah menyantuni anak-anak yatim piatu sebanyak 35 anak untuk membiayai semua kebutuhan sehari-hari, baik makan, pengadaan pakaian, kesehatan serta pengelolaan.

Menggunakan sumber dana dari Pemerintah Daerah Kota Semarang, donatur masyarakat (tetap/isidentil), swadana pengurus, usaha ekonis produktif serta mendapat bantuan rutin dari yayasan Fathul Qorib Semarang. Semua jenis kegiatan di Panti Asuhan dipusatkan untuk kepentingan anak asuh sendiri. Panti asuhan berperan untuk menciptakan kondisi sebuah keluarga yang rukun dan utuh sekaligus sebagai pengganti keluarga di rumah. Di lingkungan Panti asuhan, anak asuh dilatih untuk hidup disiplin dan jujur. Disiplin disini berarti mentaati segala macam peraturan-peraturan yang berlaku di panti asuhan. Selama anak asuh berada dalam bimbingan dan didikan panti asuhan, anak asuh tidak dikenakan biaya apapun. Semua kebutuhan anak asuh menjadi tanggung jawab panti asuhan. 

Visi, Misi dan Tujuan 
Visi
"Terwujudnya perlindungan dan pelayanan sosial yang profesional dan ramah anak, sebagai percontohan dalam pemenuhan hak-hak anak asuh menjadi anak yang bertaqwa, berakhlakul karimah dan terampil dalam hidup masyarakat." 
Misi 
1. Memberikan perlindungan, pemenuhan kebutuhan dasar dan hak anak untuk kepentingan terbik kepada anak asuh.
2. Pendampingan layanan sosial masyarakat, korban bencana, kekerasan, perlakuan salah dan anak berhadapan dengan hukum.
3. Memberikan layanan pendidikan dan keterampilan pada anak asuh
4. Memberikan pengetahuan dan membiasakan kehidupan yang religius di Panti Asuhan dan dalam kehidupan sehari-hari
5. Fasilitas tumbuh kembang, motivasi dan kemampuan orang tua, keluarga dan masyarakat dalam perlindungan dan perkembangan hak asuh anak.
Tujuan 
Membantu dan menyiapkan generasi Islam yang mandiri, bertaqwa kepada Allah SWT, berpengetahuan agama dan ilmu lainnya agar menjadi anak yang berguna bagi agama, orang tua, bangsa dan negara. 

Struktur Pengurus
Mengenai kepengurusan panti ditentukan dan dipilih berdasarkan musyawarah. Pergantian pengurus bersifat kondisional, kepengurusan terdiri dari beberapa orang dengan struktur kepengurusan sebagai berikut:
Ketua : KH. Zubaidi Abdillah, Spd.i
Sekretaris : Ahmad Basoir
Bendahara : Hj. Siti Aminah
Anggota :
c. Bidang Pendidikan
-Ustadz Subakir
d. Bidang Pembinaan akhlak dan keterampilan
-Ustadz Sudirman Al hafidz Spd.i
-Ustadz Dhiqron Abdullah
e.Bidang Usaha Mandiri dan Kerumahtanggan
-Kyai Usman
-Ustadz Arifin

Kegiatan
Rencana kerja jangka tahunan Panti Asuhan Baitus Salam Kota Semarang Rencana kerja jangka tahunan ini dibagi dalam beberapa kegiatan, antara lain :
A. Kegiatan harian
1. Jamaah sholat 5 Waktu
2.Tadarusan al Qur’an
3. Proses belajar mengajar anak asuh di sekolah masing-masing
4. Penerimaan kunjungan tamu baik perorangan maupun instansi
5. Piket menurut jadwal masing-masing kelompok
B. Kegiatan mingguan
1. Kerja bakti setiap hari minggu
2. Khitobah setiap hari selasa
3. Mujahadah setiap hari jum’at
4. Dzibaan setiap hari kamis
5. Keterampilan memasak setiap hari rabu
C. Kegiatan bulanan
1. Evaluasi bulanan pengasuh dan anak asuh minggu ke I
2. Pemeriksaan kesehatan

Alamat
Jalan Purwomukti Barat V Rt.08/Rw.01 Pedurungan Lor Kota Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos: 50192
Telepon: (024) 76583734