Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

Profil
Berawal KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah  mendirikan sebuah majlis pengajian kecil yang berada di Jl. KH. Ahmad Kholil Gg. IV dan V Canga’an Genteng Wetan Genteng Banyuwangi, yang diberi nama Jam’iyah Tamrinatul Wildan. Nama Tamrinatul Wildan diambil dari bahasa arab yang artinya latihan, sedangkan wildan artinya anak-anak/remaja.

Jadi arti dari Tamrinatul Wildan adalah tempat latihan untuk anak-anak dan remaja. Dengan harapan bisa melatih dan menjadikan santri yang mengerti agama dan menjadi alim ulama serta menunjukkan bahwa betapa sederhananya sang kiai. Majlis pengajian tersebut didirikan oleh KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah pada tahun 1964.

Beliau mendirikan majlis tersebut bersama adik iparnya dan para santrinya. Pada awalnya majlis tersebut diikuti oleh 8 anak dan remaja di sekitar Dusun Canga’an, mereka datang ingin belajar Al-Quran dan tata cara sholat. Sehingga atas dorongan warga setempat dan dukungan keluarga beliau mendirikan sebuah majlis pengajian.

Setelah didirikan majlis pengajian tersebut dari hari ke hari santri yang datang semakin banyak sehingga rumah KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah tidak cukup untuk menampung para santri tersebut. Sehingga beliau menjadikan gudang gabah milik orang tuanya sebagai tempat mengajar para santrinya.

Karena setiap hari santrinya semakin bertambah, sehingga pengurus Robithoh Ma’had Islamiyah (RMI) cabang Banyuwangi memberikan himbauan kepada KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah agar mengganti jamiyyah Tamrinatul Wildan dengan pondok pesantren. sehingga beliau meminta pendapat para pengurus dan dewan guru atas himbauan RMI. Maka disepakati pada tahun 1987 nama Jamiyyah Tamrinatul Wildan diganti menjadi Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya