10 Sunah Nabi Ini Mampu Menghidupkan Kebiasaan Produktif Orang Muslim

 
10 Sunah Nabi Ini Mampu Menghidupkan Kebiasaan Produktif Orang Muslim

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai seorang muslim, dianjurkan untuk senantiasa produktif dalam menjalankan kehidupan. Produktif di sini bukan hanya bersifat duniawi, tetapi juga produktif melakukan amalan-amalan yang bertujuan untuk keberkahan ukhrawi.

Rasulullah SAW memiliki kebiasaan melakukan amalan-amalan yang bisa menghidupkan produktivitas baik yang bersifat duniawi maupun ukhrawi. Nah, berikut ini adalah sepuluh sunah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dalam rangka menghidupkan kebiasaan produktif.

1. Tahajjud
Karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya. Insya Alloh doa mudah termakbul dan kita semakin dekat dengan Allah.

2. Membaca Al-Qur’an Setiap Hari
Sesibuk apapun kita, bacalah walau beberapa ayat yang rutin dilakukan setiap hari.

3. Dzikir Setelah Sholat
Ini yang dicontohkan Nabi. Subhanallah Walhamdulillah Walaa ilaa haillallah Allahu Akbar.

4. Menjaga Shalat Sunnah Rawatib
Menjaga shalat sunnah Rawatib juga adalah sunah yang biasa dipraktikkan oleh Rasulullah SAW. Mau kan dibangunkan rumah di surga? (HR. Muslim no. 728).

5. Dzikir Pagi dan Petang
Agar kita selalu ingat Allah dalam kapan pun dan di mana pun, dan dengan dzikir hati kita akan tenang. Alaa bidzikrillaahi tathmainnul quluub.

6. Jangan Tinggalkan Masjid
Tidak meninggalkan masjid adalah salah satu sunah yang dapat kita praktikkan. Karena Allah akan memberi perlindungan nanti di akherat untuk orang-orang yang hatinya terpaut dengan masjid.

7. Menjaga Shalat Dhuha
Menjaga shalat dhuha adalah sunah yang perlu dilakukan, karena salah satu kunci rezeki terletak pada shalat dhuha dan itu adalah sholatnya orang-orang yang selalu ingat dan kembali kepada Allah.

8. Jaga Sedekah Setiap Hari
Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan orang yang bersedekah setiap hari. Insya Allah akan dibalas dengan kebaikan di dunia dan akherat.

9. Menjaga Wudhu
Salah satu sunah yang dapat diamalkan juga menjaga agar wudhu kita tidak batal, karena Allah menyayangi hamba yang selalu dalam keadaan suci.

10. Amalkan Istighfar Setiap Saat
Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan diberi jalan penyelesaian. Aamiin.

Itulah 10 sunnah yang membuat muslim produktif. Semoga dengan mengamalkan amalan-amalan di atas, Allah mudahkan segala urusan dunia dan akherat kita. Semoga bermanfaat dan kita dimudahkan untuk bisa mengamalkannya. Aamiin ya Allah…