Jenazah Dishalatkan dari Dalam Ambulance Menurut Ustadz Ma’ruf Khozin

 
Jenazah Dishalatkan dari Dalam Ambulance Menurut Ustadz Ma’ruf Khozin

LADUNI.ID, Jakarta - Ada fenomena baru dalam salat jenazah di masa pandemi ini. Untuk menghindari penyebaran virus serta tetap menjalankan Fardhu Kifayah menyalatkan jenazah maka dilakukan dengan cara jenazahnya berada di dalam ambulance dan dishalatkan dari luar mobil.

Keputusan ini ditetapkan dalam Bahtsul Masail PCNU Blitar, seperti yang dirilis di FB Ustadzana Gus Ali Romzi:

ﻟﻮ ﻭﺿﻊ اﻟﻤﻴﺖ ﻓﻲ ﺑﻴﺖ ﻣﻘﻔﻞ ﻭﺻﻠﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺟﺎﺯ ﻛﻤﺎ ﺗﺠﻮﺯ اﻟﺼﻼﺓ ﺑﻌﺪ اﻟﺪﻓﻦ .... ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻟﻮ ﻭﺿﻊ اﻟﻤﻴﺖ ﻓﻲ ﺗﺎﺑﻮﺕ ﻣﻘﻔﻞ

Jika mayit diletakkan di dalam rumah yang dikunci dan disalatkan (dari luar) maka boleh sebagaimana boleh disalatkan setelah dimakamkan, demikian pula jika mayit diletakkan di dalam peti yang dikunci (Syekh Syaubari, Hamisy Asna Al-Mathalib 1/317).

***

Itulah penjelasan dari Ustadz Ma’ruf Khozin tentang jenazah dishalatkan dari dalam ambulance, yang diunggah di akun Facebook pribadi Ustadz Ma’ruf Khozin, pada Jumat (08/01/2020) malam.

Dari postingan tersebut kemudian terdapat komentar dari akun bernama Umronuddin: “Dan jenazah tidak disyaratkan harus di depan musholli.”

Komentar dari Umronuddin tersebut kemudian ditimbali oleh akun Farida Ulvi N: “nyuwun ta'bir meniko yai. Nembe maos ingkang posisinya seperti imam, kalau didahului maka tdk sah.”

Selanjutnya dikomentari oleh Fathur Rahman Pribady dengan menulis: “seperti sholat ghaib. Hehehe”.

Komentar tersebut kemudian dibalas Farida Ulvi N dengan menyertakan dalil: “inggih kalau sholat ghoib sah. Tp klau jenazah hadir, posisi mendahului tdk sah. Meniko nyuwun koreksi:

(فَصْلٌ يَقِفُ الْإِمَامُ) وَالْمُنْفَرِدُ نَدْبًا (عِنْدَ رَأْسِ الذَّكَرِ) وَلَوْ صَبِيًّا (وَعِنْدَ عَجِيزَةِ غَيْرِهِ) مِنْ أُنْثَى وَخُنْثَى لِلِاتِّبَاعِ رَوَاهُ فِي الْأَوَّلِ أَبُو دَاوُد وَالتِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ وَفِي الثَّانِي فِي الْأُنْثَى الشَّيْخَانِ وَقِيسَ بِهَا الْخُنْثَى وَالْمَعْنَى فِيهِ مُحَاوَلَةُ سِتْرِهِمَا وَتَعْبِيرُهُ بِغَيْرِهِ أَوْلَى مِنْ اقْتِصَارِ أَصْلِهِ عَلَى الْأُنْثَى لَكِنْ فِيهِ تَغْلِيبٌ؛ لِأَنَّ الْعَجِيزَةَ إنَّمَا تُقَالُ فِي الْمَرْأَةِ وَغَيْرِهَا يُقَالُ فِيهِ عَجُزٌ كَمَا يُقَالُ فِيهَا أَيْضًا قَالَ بَعْضُ الْغَسِيلِيِّ الْيَمَنِ وَلَا يَبْعُدُ أَنْ يَأْتِيَ هَذَا التَّفْصِيلُ فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْقَبْرِ وَاسْتَبْعَدَهُ الزَّرْكَشِيُّ وَعِنْدِي أَنَّهُ لَيْسَ بِبَعِيدٍ بَلْ هُوَ حَسَنٌ عَمَلًا بِالسُّنَّةِ فِي الْأَصْلِ (فَإِنْ تَقَدَّمَ) الْمُصَلِّي (عَلَى الْجِنَازَةِ الْحَاضِرَةِ أَوْ الْقَبْرِ لَمْ تَصِحَّ صَلَاتُهُ) كَمَا فِي تَقَدُّمِ الْمَأْمُومِ عَلَى إمَامِهِ أَمَّا الْمُتَقَدِّمُ عَلَى الْغَائِبَةِ فَصَلَاتُهُ صَحِيحَةٌ لِلْحَاجَةِ
[الأنصاري، زكريا ,أسنى المطالب في شرح روض الطالب ,1/317]

Cobi biar ditashih sama Gus Ma'ruf Khozin, qoul ini bisa dipakai apa tidak. Kalau bisa, tentu ini bisa melonggarkan umat, terutama pada saat tertentu.

(قوله: وأن لا يتقدم الخ) معطوف على تقدم طهره، أي وشرط عدم تقدم المصلي على الميت اتباعا لما جرى عليه الأولون، ولأن الميت كالإمام.
وهذا هو المذهب.
ومقابله يقول: يجوز تقدم المصلي على الميت، لأن الميت ليس بإمام متبوع حتى يتعين تقديمه، بل هو كعبد جاء معه جماعة ليستغفروا له عند مولاه.
إعانة الطالبين

Membaca tanggapan itu, Ustadz Ma’ruf Khozin kemudian membalas: “Enggih sampun dijelaskan di atas posisi seperti imam, ini pendapat muktamad dalam Mazhab Syafi'i. Tapi ada pendapat lain yang membolehkan.(*)

***

Sumber: Ustadz Ma’ruf Khozin
Editor: Muhammad Mihrob
 


Aktifkan NSP Tausiyah Ustadz Makruf Khozin "Dzikir Solusi Musibah"
Ketik DSMUA Kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9.900/bulan