Ketakdziman Abah Guru Sekumpul Kepada Mbah Mangli

 
Ketakdziman Abah Guru Sekumpul Kepada Mbah Mangli

LADUNI.ID, Jakarta - Dikisahkan pada suatu hari Abah Guru Sekumpul kedatangan seorang tamu dari Magelang Jawa Tengah. Tamu tersebut adalah Kiai Hasan Asy’ari, atau biasa dipanggil dengan Mbah Mangli atau Mbah Hasan Mangli.

Mbah Mangli adalah seorang ulama besar yang memiliki ribuan murid. Beliau dikenal sebagai seorang wali dari wali-wali Allah. Salah satu karomah beliau adalah; apabila mengadakan pengajian, beliau tidak pernah menggunakan pengeras suara, namun anehnya dari ribuan jemaah beliau tak satu pun yang tak mendengar suara beliau.

Kedatangan Mbah Mangli disambut Abah Guru Sekumpul dengan hangat, dan kala itu Mbah Mangli menghendaki untuk menginap di rumah Abah Guru Sekumpul. Abah Guru Sekumpul pun menyediakan sebuah kamar buat Mbah Mangli tidur dan beristirahat.

Pada waktu malam, Abah Guru Sekumpul melewati kamar yang digunakan Mbah Mangli untuk istirahat, dan pada saat itu pintu kamar itu terbuka, Abah Guru Sekumpul melihat Mbah Mangli tidur di lantai, tidak di kasur/ranjang yang sudah disediakan.

Abah Guru Sekumpul sangat menjaga adab beliau kepada seorang kiai sepuh, maka Abah Guru Sekumpul pun juga tidur dan berbaring di lantai di depan kamar tidur yang ditempati Mbah Mangli, hal ini karena tawadhu dan menghormati tamunya.