7 Tanda Batinmu Sedang Lelah, Obati dengan Cara Ini

 
7 Tanda Batinmu Sedang Lelah, Obati dengan Cara Ini
Sumber Gambar: Dok. hipwee

LADUNI.ID, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi manusia harus siap dengan segala cobaan hidup yang melanda. Kesiapan itu harus dimulai dari dalam yaitu di dalam batin. Sebab, batin yang sehat akan menciptakan kehidupan lahir yang baik.

Kendati begitu, terkadang ada saat di mana kondisi batin manusia mengalami kelelahan. Masalanya, banyak orang tidak sadar bahwa kondisi batinnya sedang lelah karena tidak mampu mengenali tanda-tandanya. Padahal, ada beberapa tanda batin yang sedang lelah.

Adapun tanda-tanda seseorang mengalami kelelahan batin, di antaranya adalah sebagaimana 7 (tujuh) tanda ini.

  1. Mudah tersinggung.⁣⁣⁣⁣
  2. Menjadi tidak sabaran dan mudah marah.⁣⁣⁣⁣
  3. Tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu, padahal yang biasanya kamu sukai.⁣⁣⁣⁣
  4. Sering gelisah atau ketakutan akan banyak hal secara berlebihan, khususnya masa depan.⁣⁣⁣⁣
  5. Sering rasanya ingin menangis tiba-tiba dan merasakan kesedihan tanpa tau sebabnya.⁣⁣⁣⁣
  6. Mulai terasing dengan sekitar, merasa sendirian di tengah keramaian dan lebih asik membayangkan kehidupan ideal yang kita ciptakan di dalam pikiran.⁣⁣⁣⁣
  7. Tidur mulai tidak merasakan nyenyak dan saat bangun tidak bugar.⁣⁣⁣⁣

Itulah tanda-tanda jiwa atau batin yang tengah kelelahan. Saran terbaik adalah, hentikan sejenak aktivitas yang menyita banyak waktu, lalu luangkan waktu untuk mengistirahatkan jiwa kita sendiri.

Selain dari saran simpel itu, ada beberapa cara yang bisa menjadi obat lelahnya batin kita. Obat ini bukan sembarang obat, karena tidak ada dokter yang bisa mengobati jiwa yang lela kecuali yang memiliki jiwa.

Oleh karenanya, berikut ini beberapa cara untuk mengobati jiwa yang lelah yang dengan cara ini semoga kita kembali bangkit dan batin kita kembali semangat. Apa saja cara itu?

  1. Jaga sholat 5 waktu.
  2. Perbanyaklah berdo'a bermunajat.
  3. Wudhu, gelar sajadah, lalu sholat sunnah taubat/hajat/tahajud/dhuha/mutlaq meski hanya 2 rakaat.

Setelah itu jangan beranjak. Duduk saja. Nikmati… meski itu hanya sekedar diam berdzikir menyebut nama Allah (kalau nggak bisa berdoa) atau berbincanglah sepihak dengan Allah. Ciptakan kedekatan hanya dengan Allah.

Waktu malam adalah waktu yang lebih baik melakukan cara ini. Berlama-lama lah di situ, karena jiwa yang lelah adalah isyarat waktu kebersamaanmu bersama Rabb-mu teramat kurang.

Selanjutnya, perbanyak membaca Qur'an dan artinya/terjemahan. Jangan sampai lelahnya jiwa membuat kita tak bisa menjadi pribadi terbaik saat hidup di dunia. Sebab, tanpa sadar, lelahnya jiwa membuat kita menjadi mati sebelum jasad mati.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kita bisa sembuh dari lelahnya batin dan jiwa kita. Cara-cara tersebut tidak lain nanti bisa menjadi pribadi yang lebih baik di sisi Allah. Aamiin. Semoga bermanfaat.(*)

***

Editor: Muhammad Mihrob